Maling Roda

    Marak Maling Ban, Bengkel Fast: Modus Terencana dan Berkelompok

    Ahmad Garuda - 07 Februari 2020 09:29 WIB
    Marak Maling Ban, Bengkel Fast: Modus Terencana dan Berkelompok
    Maling roda biasanya bekerja berkelompok. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Maling ban yang kini marak dilakukan oleh para komplotan, disinyalir menjadi kejahatan yang dilakukan dengan modus terencana dan berkelompok. Dari video penangkapan yang dilakukan kepolisian wilayah Bekasi, terdapat sekelompok orang yang mengaku melakukannya secara bersama-sama.

    Menurut Manager bengkel umum mobil di Fast Pancoran, Agung Prabowo, bahwa kejahatan itu memang harus dilakukan dengan berkelompok serta direncanakan dengan matang. Karena kalau tidak dilakukan dengan matang, proses pencuriannya bisa lama.

    "Kejahatan ini justru harus dilakukan dengan cara bersama-sama dan dengan waktu yang cukup singkat. Lantaran jika dilakukan dengan sendirian, akan memakan waktu lama. Sementara proses pencurian ini biasanya berlangsung dengan sangat cepat," klaim Agung yang akrab disapa dengan Tumenggung ini.

    Ia memprediksi bahwa proses pencuriannya bisa dilakukan dengan cara melakukan pengintaian terlebih dahulu. Biasanya mereka akan memarkir kendaraan di samping kendaraan calon korban dan mengitari mobil tersebut serta mengecek kondisi sekitar.

    Kalau sudah aman, barulah mereka melakukan aksinya dengan membuka satu per satu baut dengan cepat. Proses yang mereka lakukan ini tentu akan sangat berhati-hati dan sesenyap mungkin, sehingga peralatan canggih seperti pembuka kunci roda dengan model shot gun bertenaga listrik, rasanya takkan digunakan.

    "Meski cepat dalam membuka baut, mereka tak akan pernah menggunakan alat seperti shot gun untuk melakukan aksinya. Lantaran alat itu sangat berisik dan berpotensi terdengar dari jarak jauh. Alat yang digunakan biasanya akan sederhana dan senyap seperti dongkrak buaya, lalu kunci roda manual."

    Kalau sudah begini, Anda wajib melakukan pengamanan ekstra untuk roda mobil Anda. Walaupun tak juga menjamin agar tidak hilang, setidaknya bisa mencegah atau memperlambat gerakan maling. Caranya yaitu dengan memarkir kendaraan di tempat yang terpantau mata dan CCTV. Atau menggunakan baut khusus (berbeda) 1 pcs di setiap roda.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id