Jalan Tol

    Segera Ruas Tol Manado-Danowudu Dioperasikan

    Ekawan Raharja - 29 September 2020 09:00 WIB
    Segera Ruas Tol Manado-Danowudu Dioperasikan
    Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jasa Marga
    Manado: PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) siap mengoperasikan Jalan Tol Manado-Bitung untuk Ruas Manado-Danowudu. Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing investasi di provinsi yang dikenal dengan julukan Bumi Nyiur Melambai ini.
     
    Direktur Utama PT JMB, George IMP Manurung, menjelaskan Jalan Tol Manado-Bitung akan dioperasikan secara bertahap. Dalam waktu dekat yang sudah direncanakan untuk dioperasikan adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km.
     
    “Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Dalam waktu dekat yang akan dioperasikan adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km yang merupakan keseluruhan seksi 1 serta sebagian dari seksi 2, yaitu seksi 2A Airmadidi-Danowudu,” ucap George melalui keterangan resminya.
     
    Sementara itu, untuk Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 12,65 Km ditargetkan selesai konstruksi pada April tahun 2021. Hingga saat ini progres konstruksinya telah mencapai 77,61 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,23 persen.
     
    “Nantinya jika terhubung secara penuh, jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupan. Diharapkan hal ini akan memacu daya saing investasi Provinsi Sulawesi Utara,” jelas George.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id