comscore

Mitsubishi Fuso Mulai Lakukan Kajian untuk Truk Listrik

Ekawan Raharja - 29 Januari 2022 09:00 WIB
Mitsubishi Fuso Mulai Lakukan Kajian untuk Truk Listrik
Mitsubishi Fuso e-Canter. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Mitsubishi Fuso sudah memiliki rencana untuk beralih kepada kendaraan komersial bertenaga listrik pada tahun 2035. Rencana dari pusat tersebut perlahan sudah mulai disiapkan untuk diterapkan di Indonesia mulai tahun ini.

General Manager of Product Strategy PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Bayu Aprizal, menjelaskan pihak perusahaan sudah memperkenalkan truk listrik e-Canter beberapa tahun lalu. Nah sebelum truk tersebut dijual, perusahaan akan melakukan riset untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
"Per 1 Desember 2021, PT KTB sudah membuat departemen khusus untuk mempelajari kendaraan listrik di Indonesia. Perusahaan akan mengadakan pembuktian konsep atau Proof of Concept di Indonesia untuk mempelajari kebutuhan pelanggan secara akurat. Momen perkenalan yang sesungguhnya akan ditentukan berdasarkan kebutuhan pasar dan koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah," kata Bayu melalu jumpa pers virtual.

“Di samping itu juga ada beberapa aktivitas promosi maupun sosialisasi yang akan kami lakukan untuk mensosialisasikan teknologi yang akan kami bawa dari Mitsubishi Fuso. Untuk itu kami harapkan dengan aktivitas-aktivitas tersebut kami bisa mendapatkan informasi yang cukup untuk mengembangkan atau mempelajari kemungkinan produk kendaraan listik untuk pasar Indonesia,” sambung dia.

e-Canter memang sudah digunakan di sejumlah negara, khususnya Jepang, Amerika dan Australia. meski demikian, tidak serta merta truk ramah lingkungan ini kemudian bisa langsung diterapkan di Indonesia. Mereka harus melihat bagaimana kebutuhan konsumen dan menyesuaikan dengan peraturan yang ada.
 

"Hingga akhirnya tergantung lagi dari konsumen dan menyesuaikan dengan pemerintah, maka dari itu kita masih mempelajari dulu kondisinya," tutur Bayu.

e-Canter memiliki sumber tenaga dari 6 baterai bertegangan tinggi (high voltage battery) dengan daya 420 Volt dan 13,8 kWh. Sedangkan tegangan rendah (voltage battery) berdaya 12 volt.

Baterai tersebut berfungsi untuk menggerakkan motor listrik sebesar 180 daya kuda dan torsi puncak 390 Nm. Kombinasi baterai serta motor listrik yang digunakan membuat e-Canter bisa menempuh jarak sejauh 100 km dalam kondisi baterai terisi penuh.


(ERA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id