comscore

Rusia Halalkan Produksi Mobil Minim Fitur

Ekawan Raharja - 22 Juni 2022 12:00 WIB
Rusia Halalkan Produksi Mobil Minim Fitur
Pameran otomotif di Moskow. Lada
Moskow: Pabrikan otomotif saat ini berusaha membuat mobil dengan berbagai fitur yang lengkap demi memberikan kenyamanan dan keamanan kepada penumpangnya. Tetapi Rusia saat ini memperbolehkan kepada industri otomotif memproduksi mobil dengan fitur minim untuk dijual di pasar lokal.

Pemerintah Rusia menerbitkan dekrit No.855 yang berisi mengenai aturan main dalam menyederhanakan sertifikasi mobil penumpang. Intinya, produsen otomotif diizinkan memproduksi mobil tanpa dilengkapi airbag, electronic power steering, hingga sistem pengereman ABS.
Dokumen itu juga mengizinkan pabrikan untuk menolak penyematan sistem baru yang terhambat karena kelangkaan chip semikonduktor. Selain itu, industri otomotif Rusia juga sedang mengalami "isolasi" dari berbagai negara karena perintah dari Uni Eropa.

Di samping itu, standar emisi mobil juga ditekan menjadi Euro 0 sampai Euro 5. Artinya mobil yang memenuhi standar emisi pada tahun 1988 boleh diproduksi kembali.

Dekrit ini berlaku hingga 1 Februari 2023. Selain itu, standar ini juga tidak diwajibkan kepada produsen otomotif, namun lebih kepada anjuran agar pabrik-pabrik bisa kembali beroperasi.

Mobil yang sudah mengadopsi standar ini adalah Lada Granta Classic. Lada kini bakal dijual tanpa airbag, GPS, ABS, dan seatbelt pretensioner. Mobil juga hanya memenuhi standar emisi Eropa tahun 1996.

Selain itu, Lada Niva merupakan mobil berpenggerak 4x4 dengan tiga pintu. Adapun fitur di dalamnya juga terlihat tidak banyak. Untuk model Classic, terdapat Isofix, Power Window, hingga Radio Connector.

Sedangkan AC terdapat pada Lada Niva varian Luxe dan Urban. Mobil menggendong mesin 1.690 cc yang sanggup menyemburkan tenaga setara 83 hp pada 5.000 rpm dan torsi 129 Nm pada 4.000 rpm. Disebutkan mobil telah memenuhi standar Euro-5.

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id