Industri Otomotif

    Pasar Otomotif Belum Stabil, Pabrikan Pilih Bertahan

    Ekawan Raharja - 22 Oktober 2020 15:00 WIB
    Pasar Otomotif Belum Stabil, Pabrikan Pilih Bertahan
    Suasana IIMS 2019. Antara Foto/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Pandemik Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia membuat pasar otomotif masih belum bisa berakselerasi maksimal hingga akhir tahun. Hal ini kemudian membuat sejumlah produsen otomotif memilih 'gaya bertahan' ketimbang memilih agresif dalam menentukan target penjualan akhir tahun.

    Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan untuk pasar otomotif di Indonesia sekarang belum stabil. Bahkan mereka masih belum bisa menentukan target tahun depan, dan memilih memantau kondisi setiap bulannya.

    "Sulit bagi kami memprediksi akhir tahun itu berapa penjualan. Ke depan, market itu masih belum stabil. Jadi, yang kami lakukan selalu terus memantau pergerakan dari market itu sendiri sehingga program-program penjualan kami itu cocok untuk kebutuhan konsumen terkini," kata Billy melalui webinar.

    Untuk itu, jenama asal Jepang ini memilih bertahan dengan menjaga pangsa pasar mereka 14,4 persen di catur otomotif nasional. Langkah ini tergolong realistis buat mereka untuk mempertahankan pangsa pasar di tengah kondisi pasar yang belum stabil hingga sekarang.

    Jika melihat data retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Januari-September 2020, Honda berada di posisi ketiga dengan total penjualan 55.548 unit. Sayangnya jumlah penjualan ini baru mengambil 13,6 persen dari total pasar otomotif.

    Pandangan serupa juga diutarakan oleh Director Marketing PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, yang menyebutkan penjualan otomotif di Indonesia masih tertekan hingga sekarang ini. Bahkan dia pesimis target akhir 600 ribu unit yang dicanangkan oleh Gaikindo tidak tercapai.

    "Rasanya masih berat untuk mencapai 600.000 unit. Hal kunci yang kami pegang adalah market share. Bagaimana kami bisa tetap mempertahankan market share dengan raihan tahun lalu kira-kira mencapai 30 sampai 31 persen," kata Anton dikesempatan terpisah.

    Sekarang ini Toyota menjadi pemuncak pasar otomotif dengan berhasil menjual 128.076 unit, atau setara dengan 31,4 persen pangsa pasar. Torehan ini juga sulit dikejar merek lainnya, karena Daihatsu di posisi kedua saja hanya bisa menjual 73.488 unit atau baru 18 persen pangsa pasar.

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id