Safety Driving

    Mengapa Tol Cipali Rentan Menelan Korban Jiwa?

    Ekawan Raharja - 16 Oktober 2020 16:00 WIB
    Mengapa Tol Cipali Rentan Menelan Korban Jiwa?
    Ilustrtasi Tol Cipali. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan
    Jawa Barat: Tol Cikopo-Palimanan bisa dibilang jadi surga bagi penggemar kecepatan berkendara saat awal diresmikannya jalur bebas hambatan tersebut. Namun seiring perjalanan waktu, kian banyak kecelakaan yang terjadi di ruas tol ini sehingga pembatasan kecepatan diperketat lagi di ruas tol ini. 

    Pengelola jalan tol yang kini dipegang oleh ASTRA Tol Cipali, pun melakukan peningkatan fasilitas untuk menunjang keselamatan berkendara para pengguna jalan tol ini. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan tol ini riskan terjadi kecelakaan?

    Berdasarkan kajian Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Jalan Tol Cipali dengan karakteristik jalan tol yang lurus berada di tengah jalan tol trans Jawa memiliki faktor reaksi manusia. Ini berdampak terhadap kecelakaan, yaitu risiko lelah pada pengemudi dan tingginya gap kecepatan. 

    Direktur ASTRA Tol Cipali, Agung mengatakan bahwa bagi para pengguna jalan jangan dipaksakan untuk terus mengemudi karena faktor penyebab kecelakaan yang besar adalah saat mengantuk atau lelah. Lantaran terjadi penurunan kesadaran sehingga tidak waspada dan dapat berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain.

    "Makanya kami melakukan penambahan fitur dan fasilitas keselamatan di jalan raya, agar para pengguna benar-benar waspada dan tidak menganggap enteng perjalanan di jalan tol. Hal ini pun terbukti dari menurunnya jumlah kecelakaan di tahun berjalan 2020. Yaitu dari total 721 kecelakaan, turun menjadi 628. Terdapat penurunan angka kecelakaan di ruas tol ini sebesar 13 persen," ujar Agung.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id