Jangan Tergesa-Gesa, Transisi Ke Mobil Listrik Harus Alami

    Ekawan Raharja - 16 Oktober 2021 09:00 WIB
    Jangan Tergesa-Gesa, Transisi Ke Mobil Listrik Harus Alami
    Ilustrasi pengecasan mobil listrik. Medcom.id/Ekawan Raharja



    Jakarta: Peta jalan pengembangan kendaraan listrik (Low Carbon Emission Vehicle/LCEV) di Indonesia sudah ditetapkan pemerintah dan akan segera diterapkan. Kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong industri otomotif Indonesia menuju era mobil listrik sehingga ekosistemnya bisa dibangun dengan baik.
     
    Ketua V Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Shodiq Wicaksono, berharap peralihan kendaraan listrik dari kendaraan berbahan bakar minyak bisa berlangsung secara alami. Menurutnya transisi dari mobil konvensional ke mobil listrik perlu edukasi dan kebijakan yang tepat agar tidak ada pihak yang dirugikan.
     
    “Contohnya dahulu masyarakat Indonesia menggunakan mobil bertransmisi manual, namun untuk mengenalkannya ke transmisi otomatis dilakukan edukasi oleh pabrikan secara alamiah sampai akhirnya mereka beralih sendiri. Begitu juga dengan mobil listrik ini mungkin bisa dilakukan dengan pendekatan transisi secara alamiah,”ujar Shodiq Jumat (15-10-2021) melalui jumpa pers virtual.
     
    Peralihan secara alamiah ini juga pernah diterapkan oleh pemerintah saat lahirnya mobil low cost green car (LCGC) pada 2013 lalu. “Sampai saat ini kontribusi penjualan LCGC terhadap total penjualan kendaraan nasional bisa bertahan di angka 20 persen. Jadi memang langkah menuju mobil listrik murni perlu dilakukan secara alamiah,”jelas Shodiq.
     

    Tantangan dan Solusi Transisi Ke Mobil Listrik

    Gaikindo mencatat ada sejumlah tantangan yang akan terjadi apabila Indonesia tidak melalui tahapan alamiah menuju mobil listrik murni. Tantangan yang paling utama adalah harga jual mobil listrik murni yang ada di Indonesia saat ini masih tergolong mahal karena masih di atas Rp600 juta lebih. 





    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id