comscore

Mengenal Istilah-istilah di Rally, Cabang Balapan yang Diikuti Bamsoet

Adri Prima - 30 November 2021 12:59 WIB
Mengenal Istilah-istilah di Rally, Cabang Balapan yang Diikuti Bamsoet
Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Bekasi (ist)
Jakarta: Rally ataupun Sprint Rally merupakan salah cabang olahraga otomotif roda empat (mobil) yang menuntut kecepatan waktu. Berbeda dengan balapan mobil jenis touring (sirkuit) ataupun Formula yang menghadirkan persaingan banyak peserta sekaligus, balap rally justru menerapkan sistem berbeda.

Setiap pereli akan dilepas satu per satu bergantian dan mereka berkompetisi untuk mendapatkan catatan waktu tercepat dari setiap Special Stage (SS) atau rute yang dihadirkan. 
Cabang Rally atau Sprint Rally juga cukup populer di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, kejuaraan nasional Rally dan Sprint Rally selalu digelar secara reguler.

Akhir-akhir ini, balap Rally menjadi sorotan pasca insiden kecelakaan yang melibatkan pembalap nasional Sean Gelael bersama Ketua MPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Mereka mengalami kecelakaan parah saat mengikuti kejuaraan Sprint Rally di Sirkuit Meikarta, Sabtu, 27 November 2021. Meski mobil Citroen C3 R5 yang mereka kendarai ringsek, beruntuk Sean dan Bamsoet baik-baik saja tanpa cedera sedikitpun. 

Terlepas dari insiden tersebut, balap Rally dan Sprint Rally memiliki keunikan tersendiri. Ada banyak istilah-istilah yang mungkin di cabang motorsport satu ini. 

Dilansir dari laman Intersport, berikut ini istilah-istilah yang digunakan dalam kejuaraan Rally ataupun Sprint Rally. 

Leg: Setiap bagian dari perlombaan, yang dipisahkan oleh waktu berhenti/istirahat yang telah ditetapkan.

Special Stage: Ujian kecepatan pada rute-rute yang khusus ditutup untuk perlombaan rally.

Road Section: Bagian dari lintasan antara 2 Pos Waktu yang berurutan.

Section: Bagian dari rally, yaitu antara:
- Start dan tempat berhenti pada regrouping point
- Dua tempat berhenti pada regrouping yang ber-urutan
- Tempat berhenti pada regrouping terakhir dengan finish perlombaan

Regrouping: Tempat berhenti yang dijadwalkan oleh panitia di dalam parc ferme, kemudian dikelompokkan kembali, waktu berhenti ini dapat berlainan di antara para peserta.

Netralisasi: Saat-saat di mana para peserta diminta berhenti oleh Panitia Pelaksana untuk alasan apapun.

Parc Ferme: Area peserta dilarang melakukan perbaikan atau hal lain, kecuali dalam hal-hal yang diperbolehkan baik yang tertera dalam peraturan dari International Championship dan dalam Peraturan Tambahan dari perlombaan.

Bulletin: Merupakan pengumuman tertulis yang merupakan satu kesatuan dengan peraturan perlombaan dan bermaksud untuk menjelaskan atau melengkapi peraturan tersebut. Pengumuman ini bernomor dan bertanggal. Pendaftar (atau peserta) wajib mengetahui dan mengkonfirmasikan dengan tanda tangan Bulletin dibuat oleh:
- Panitia penyelenggara, sampai pada hari scrutineering (pemeriksaan kendaraan), yang akan diajukan kepada Pengawas untuk mendapatkan persetujuan, kecuali perubahan pada itinerary.
- Pengawas perlombaan selama perlombaan berlangsung, kecuali perubahan pada itinerary dikeluarkan oleh pimpinan perlombaan.

Kartu Kontrol: Kartu untuk mencatat waktu tiba/kedatangan peserta pada pos-pos kontrol yang dijadwalkan selama perlombaan.

(PRI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id