Tips Mobil

    7 Cara Ringan Merawat Sliding Door Mobil

    Ekawan Raharja - 11 Agustus 2020 13:14 WIB
    7 Cara Ringan Merawat Sliding Door Mobil
    Nissan Serena salah satu mobil yang mengusung model sliding door. Nissan
    Jakarta: Penggunaan sliding door di mobil bukanlah hal yang aneh, dan biasanya digunakan di model-model MPV. Jenis pintu ini tentu memiliki mekanis yang berbeda dibandingkan dengan pintu umumnya, dan tentu saja memerlukan perawatan agar bisa berfungsi dengan baik selalu.
     
    Situs resmi Mobil88 menjelaskan model sliding door ini harus rajin dirawat. Perusahaan yang bergerak di bisnis mobil bekas ini membeberkan 7 cara sederhana merawat sliding door, diantaranya;
     
    1. Perhatikan Kondisi Rel dan Bearing
    Ke dua bagian ini kerap mengalami masalah pada pintu geser karena sering dibuka dan ditutup. Oleh karena itu, berikan pelumasan atau gemuk (grease) tanpa kandungan oli secukupnya.
     
    2. Pastikan Area Rel Bersih
    Salah satu masalah yang juga kerap terjadi pada pintu geser yaitu macet. Ternyata, hal itu diakibatkan rel kotor sehingga bearing kotor sehingga menyebabkan macet. Oleh sebab itu, bersihkan rel dengan menggunakan lap bersih, sapu kecil, atau kompresor kecil dan semprotkan cairan khusus untuk membersihkan roller.
     
    3. Perhatikan Karet Pintu
    Pintu juga ada karetnya yang berfungsi menghalau air masuk atau mencegah hawa panas, atau menepis kotoran. Namun masalah yang sering terjadi di karet yaitu bukan tak mungkin karet pintu bisa getas atau retak ketika lama dipakai.  
     
    4. Buka Pintu Sesuai Kebutuhan
    Maksudnya jangan terlalu lama membuka pintu karena debu akan mudah menempel sehingga pintu akan sulit digeser. Sebisa mungkin membuka hingga penuh.
     
    5. Hindari Benturan Keras
    Jika pintu geser terkena benturan, bukan tak mungkin hal tersebut mengalami beberapa bagian rusak, mulai dari pengait rel, pengait pintu, dan lainnya lantaran tidak pas atau mengalami pergeseran.
     
    6. Keringkan Jika Terkena Air
    Air bisa saja masuk melalui celah-celah walau volumenya sangat sedikit, baik ketika hujan atau saat mencuci. Oleh karena itu ada baiknya keringkan dengan menggunakan lap.
     
    7. Biarkan Motor Elektrik Bekerja Membuka/Menutup Pintu
    Jika menggunakan pintu geser elektrik, ada baiknya jangan menghentikan laju pintu ketika sedang beroperasi. Hal ini bisa merusak motor elektrik dan malah pintu bisa tidak berfungsi.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id