Industri Otomotif

    Penjualan Mobil Online Kini Mulai Menampakkan Hasil

    Ekawan Raharja - 09 Juli 2020 16:38 WIB
    Penjualan Mobil Online Kini Mulai Menampakkan Hasil
    Brio menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil Honda di Juni 2020. Honda
    Jakarta: Kondisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang terjadi sekarang ini membuat sejumlah merek otomotif mulai menggencarkan strategi penjualan online secara masif. Hasilnya pun cukup menggembirakan, khususnya Honda, yang merasa penjualan mereka meningkat tajam.
     
    Mereka mengumumkan bahwa penjualan retail mereka di Indonesia pada Juni 2020 mencapai 2.488 unit. Angka ini meningkat tajam hingga 93 persen dibandingkan Mei 2020 yang hanya menyumbang 1.291 unit.
     
    Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan hal ini tidak terlepas dari usaha memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian mobil, khususnya melalui program penjualan online. Hingga bulan Juni lalu, tercatat lebih dari 50 persen dari total pembelian mobil datang melalui jalur online.
     
    "Dengan adanya pandemik ini, kebiasaan orang juga kita amati, banyak menghabiskan waktu di rumah. Kita harus berbuat sesuatu untuk mempermudah konsumen bisa memiliki mobil dengan mudah. Latar belakang itu kita buat suatu pembelian online supaya mereka tidak perlu datang ke dealer. Kita kembalikan, mereka tetap bisa menjalankan kebiasaan baru tanpa harus ke dealer," ucap Yusak Billy Kamis (9/7/2020) melalui webinar.
     
    Pria ramah ini juga membeberkan untuk penjualan di Juni ini disokong oleh Brio sebanyak 1.314 unit atau sekitar 52 persen penjualan. Kemudian disusul oleh penjualan HR-V dengan 343 unit, Jazz sebanyak 293 uni, CR-V mencapai 192 unit, dan Mobilio mencapai 164 unit.
     
    Billy juga yakin kondisi sekarang ini belumlah stabil. Meski demikian, dia optimis dengan meningkatnya penjualan bisa menjadi awal baik dari pemulihan pasar otomotif di Indonesia.
     
    “Pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini. Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit."
     

    Selain Jualan, Layanan Purna Jual Juga Diperkuat

    Selain penjualan mobil untuk mendapatkan konsumen baru, Jenama asal Jepang itu juga meningkatkan pelayanan purna jual untuk menjaga para konsumen mereka sekarang ini. Hal ini mereka tunjukan melalui kampanye #HondaHopeFuel dengan misi menumbuhkan harapan dan tetap mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen melalui berbagai inovasi layanan di era sekarang ini.
     
    Berbagai layanan tersebut, meliputi home service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, pickup service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui website resmi maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id