Fungsi Sensor Parkir dan Cara Perawatannya

    M. Bagus Rachmanto - 09 November 2019 12:29 WIB
    Fungsi Sensor Parkir dan Cara Perawatannya
    Sensor parkir membantu pengemudisaat parkir. RPMelectronics
    Jakarta: Fitur keamanan dan keselamatan telah banyak disematkan di mobil keluaran terbaru, salah satunya adalah sensor parkir atau yang dikenal dengan sensor mundur. Lalu, apa kegunaan sensor tersebut?
     
    Menurut Chief of Trainer Rifat Drive Labs, Herry Wahyud, perangkat elektronik yang menempel di belakang mobil tersebut berfungsi memberi tanda kepada pengemudi. Tepatnya sebelum mobil menyentuh/menabrak bagian yang tidak terlihat dari dalam.
     
    "Semakin mobil mendekati objek (tembok atau bidang pembatas), sensor akan memberi tanda dengan mengeluarkan suara. Nantinya, suara akan semakin keras jika mobil makin dekat dengan objek di belakangnya," jelas Herry saat ditemui medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Selain itu, perangkat ini sangat membantu untuk pengemudi dengan tingkat feel yang kurang baik. Terutama ketika harus memarkir kendaraan di tempat yang sempit.
     
    Lebih lanjut Herry menjelaskan, sensor parkir mobil sangat beragam dan sudah canggih pada saat ini. Bahkan ada yang dilengkapi dengan kamera.

     Cara Kerja Sensor Parkir Mobil

    Normalnya, sensor akan berbunyi mulai jarak 1,5 meter dan akan mengeluarkan bunyi berulang-ulang dengan cepat. Jarak terdekat dengan objek adalah 0,5 meter. Di jarak tersebut sensor akan mengeluarkan bunyi tanpa terputus.
     
    Di tahap ini, Anda sebgai pengemudi sudah harus lebih waspada dan mulai meletakkan posisi kaki di pedal rem.

    Bicara soal perawatan, tidak beda dengan komponen lain di mobil, baik kamera dan sensor parkir juga butuh yang namanya perawatan untuk memastikan komponen ini bekerja maksimal dan berumur panjang.
     
    Karena kedua komponen tersebut termasuk ke dalam perangkat elektrik yang cukup rentan rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang benar. Jadi jika di kendaraan sudah terpasang dua komponen tersebut, wajib untuk merawatnya agar bisa terus dipakai dengan performa yang maksimal.

    Merawat kedua fitur ini tidak terlalu sulit karena yang harus menjadi fokus utama dalam merawat kamera dan sensor parkir adalah kebersihannya. Suzuki

    Anda tentu tidak mau dua komponen yang cukup penting di kendaraan kesayangan tidak lagi berfungsi dengan baik bukan?
     
    Merawat kedua fitur ini tidak terlalu sulit karena yang harus menjadi fokus utama dalam merawat kamera dan sensor parkir adalah kebersihannya. Pastikan dua komponen tersebut bebas dari debu, lumpur, atau kotoran-kotoran lainnya. Hal ini penting dilakukan supaya fitur dua komponen tersebut bisa berfungsi dengan baik terutama sensornya.
     
    Sensor merupakan komponen yang memiliki tugas mendeteksi adanya objek yang dekat. Jika ada kotoran menutupi sensor, sudah pasti kinerjanya bisa terganggu atau tidak maksimal.
     
    Namun penting juga untuk diingat, saat membersihkan jangan menyiram area ini memakai semprotan air bertekanan tinggi atau yang dikenal juga dengan cuci steam. Sensornya memang waterproof, tetapi juga jangan disemprot memakai steam pressure karena berisiko menimbulkan adanya short circuit (arus pendek).
     
    Selain itu pastikan juga sensor parkir juga terhindar dari benturan, karena bisa saja benturan membuatnya menjadi error dan kemudian malah malfungsi.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id