Wuling Motors GIIAS 2019

    Rifat Sungkar Bakal Geber Xpander di Balap Reli?

    Ahmad Garuda - 22 Juli 2019 07:09 WIB
    Rifat Sungkar Bakal Geber Xpander di Balap Reli?
    Rifat Sungkar bakal geber Xpander di ajang balap reli. Mitsubishi
    BSD City: Pereli nasional, Rifat Sungkar yang menjalin kerja sama dengan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan tim balap reli. Tim ini diberi nama Xpander Rally Team (XRT) pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten.

    Tim akan diperkuat langsung oleh Rifat sebagai pereli yang sudah memiliki segudang prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Rifat akan didampingi oleh navigatornya M. Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

    Soal peluncuran tim ini, Rifat menyatakan bahwa ini merupakan suatu konsep kreatif dari kendaraan multifungsi yang diciptakan Mitsubishi. “Memang Xpander untuk mobil keluarga. Namun lebih dari itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat mobil ini memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik. Sehingga cocok di kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” terang Rifat.

    Berangkat dari konsep tersebut, MMKSI dan Rifat berhasil mengembangkan Xpander menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4.

    Basis rangka yang mengadopsi konstruksi dari Lancer Evo X di mobil ini, tentunya sudah menjadi jaminan tersendiri untuk handling mobil yang akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena Xpander AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

    “Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat mobil ini menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” tambah Rifat.   

    Berbicara mengenai AP4, Rifat menerangkan jika AP4 adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehar-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA. Sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

    “Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan.”

    Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, menegaskan bahwa keikutsertaan XRT di AP4 menjadi bukti bahwa kendaraan penumpang mereka, dibuat sesuai dengan tujuan utamanya. Yaitu memdukung keinginan dan ambisi penggunanya.

    Jadwal balap reli XRT:
    1. NZRC Goldrush Rally of Coromandel, 16-17 Agustus, Moewai Park Whitianga, New Zealand
    2. Kejurnas Sprint Rally Putaran 2,  7-8 September, Serang, Banten
    3. Meikarta Sprint Aspal, 28-29 September, Meikarta, Jawa Barat
    4. Kejurnas Sprint Rally Putaran 3, 19-20 Oktober, Jambi
    5. Kejurnas Sprint Rally Putaran 4, 26-27 Oktober, Jambi
    6. Kejurnas Sprint Rally Putaran 5, 7-8 Desember, Jawa Barat

    Spesifikasi Xpander AP4
    Engine:Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)
    Horse Power: 350 HP
    Torque: 410 ft/lbs
    Wheels: 15 x 7 Speedline
    Tire: Dellium RG4
    Weight Distribution: 55/45



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id