Antisipasi Libur Akhir Tahun, Tol Kena Ganjil Genap

    Ekawan Raharja - 03 Desember 2021 11:00 WIB
    Antisipasi Libur Akhir Tahun, Tol Kena Ganjil Genap
    Kondisi contra flow di jalan tol. Jasa Marga



    Jakarta: Pemerintah saat ini sedang berencana untuk melakukan sejumlah pembatasan aktivitas masyarakat di akhir tahun. Salah satunya yang akan dilakukan dengan menerapkan sistem ganjil genap di sekitar lokasi wisata dan jalan tol.

    Kementerian Perhubungan akan menerapkan sejumlah pembatasan pada momen libur Natal dan Tahun Baru mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Salah satunya menerapkan ganjil genap di 4 ruas tol paling ramai dan sejumlah tempat wisata.

     



    “Strategi pengaturan lalu lintas perseorangan akan dilakukan sistem ganjil genap di wilayah aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah peningkatan mobilitas,” ucap Menteri Perhubungan, Budi Karya, dikutip dari NTMC Polri.

    Budi menyebut biasanya ganjil genap bisa menekan pergerakan kendaraan hingga sekitar 30 persen. Dia juga menyebutkan 4 ruas tol yang akan diterapkan ganjil genap adalah:
    1. Ruas Tol Tangerang-Merak
    2. Ruas Tol Bogor-Ciawi-Cigombong
    3. Ruas Tol Cikampek-Palimanan-Kanci
    4. Ruas Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi

    Selain ganjil genap, pemerintah juga akan menerapkan buka tutup rest area, one way atau contraflow, serta random sampling di rest area atau di tempat-tempat yang ditetapkan.

    “Pada kawasan wisata akan diterapkan skema ganjil genap, pembatasan kapasitas, penggunaan PeduliLindungi serta penutupan sementara wisata yang tanpa pengelola,” urainya.

    Namun tak dirinci jalan di tempat wisata apa saja yang bakal diterapkan ganjil genap. Selain itu, di tempat wisata juga disiapkan skema oneway atau contraflow.

    “Kita akan melakukan random sampling tentang ketaatan mereka tentang PeduliLindungi dengan dua kali vaksin dan melakukan antigen,” paparnya.


    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id