comscore

Teknologi Robotik Di Pabrik Otomotif Bukan Menggantikan Manusia

Ekawan Raharja - 10 Maret 2022 10:00 WIB
Teknologi Robotik Di Pabrik Otomotif Bukan Menggantikan Manusia
Pabrik DFSK berlokasi di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. DFSK
Cikande: Pabrik-pabrik otomotif berstatus industri 4.0 sudah menggunakan teknologi robotik untuk membantu proses produksi. Penerapan teknologi ini ternyata tidak menggantikan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di pabrik.

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, menjelaskan pabrik DFSK yang ada sekarang ini udah 90 persen mengadopsi teknologi robotik di proses produksinya. Teknologi robotik ini mengadopsi lengan robotik yang mendapatkan dukungan operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya. Pemanfaatan teknologi robotik ini kemudian membantu sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di pabrik bisa bekerja lebih maksimal menghasilkan mobil yang berkualitas.
“DFSK berkomitmen untuk hadir di Indonesia dengan membawa teknologi termutakhir yang dimiliki untuk menghasilkan kendaraan-kendaraan dengan tingkat presisi tinggi, stylish, serta penuh dengan fitur-fitur modern untuk menunjang seluruh konsumen. Semua ini hanya bisa didapatkan setelah melalui proses produksi yang benar-benar sempurna dan didukung oleh SDM yang berkualitas seperti yang dimiliki oleh pabrik DFSK,” ungkap Achmad Rofiqi melalui keterangan resminya.

Achmad Rofiqi menegaskan kehadiran teknologi robotik tidak lantas menggantikan SDM. Sejauh ini pabrik memaksimalkan tenaga SDM dalam negeri dalam operasional dan kemudian kemampuannya ditingkatkan dengan bantuan teknologi robotik yang berbagai aspek produksi mulai dari stamping, welding, painting, assembling, hingga quality control.

Pabrik yang ada di Indonesia diketahui sudah memproduksi Glory i-Auto dan Glory 560 sebagai kendaraan penumpang. Selain itu untuk menunjang dunia usaha tersedia Super Cab dan Gelora.

“Pembangunan pabrik berstandar industri 4.0 ini menjadi modal utama kami dalam melayani seluruh konsumen kami baik di Indonesia dan luar negeri. Hal ini sesuai dengan rencana awal kami dengan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat produksi global yang melayani kebutuhan konsumen kami di seluruh dunia,” pungkas Achmad Rofiqi.

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id