Penjualan Kendaraan

    Digitalisasi Penjualan ala Arista Group di Momen Pandemik

    Ahmad Garuda - 27 April 2020 14:38 WIB
    Digitalisasi Penjualan ala Arista Group di Momen Pandemik
    Arista Group bikin terobosan baru penjualan multibrand di momen pandemik korona. AG
    Jakarta: Pemberlakukan aturan social/physical distancing atau menjaga jarak ditambah lagi dengan regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di hampir semua wilayah Indonesia, membuat Arista Group serius menjajaki penjualan kendaraan via sistem digital. Walau pun mereka bukan yang pertama kali, paling tidak brand yang satu ini diuntungkan dengan banyaknya brand otomotif yang mereka rangkul.

    Brand-brand otomotif yang mereka bawahi untuk jaringan penjualan, di antaranya Honda mobil, Wuling, Mitsubishi, Suzuki mobil, Yamaha bahkan brand mobil komersial seperti Hino. Menurut Co-Founder & Director of Arista Group, Ali Hanafiah, bahwa ini jadi cara mereka melakukan penjualan kendaraan dengan berbagai merek yang memang banyak diminati masyarakat.

    "Ini menjadi solusi baru dari kami buat mereka yang ingin tetap melakukan pembelian kendaraan dengan berbagai macam metode pembelian. Misalnya mau beli mobil baru tapi terlebih dahulu ingin jual mobil lamanya, kemudian ingin paket bundling harga antara mobil dengan motor atau mobil beda merek juga bisa," ungkap Ali Hanafiah usai peluncuran website multibrand milik mereka pada Senin (27/4/2020).

    Strategi digital ini memang bisa dibilang agak telat, namun jika dibandingkan dengan dealer otomotif nasional lainnya, mereka diuntungkan oleh multibrand tadi. Ini tentu akan memudahkan para pembeli untuk memilih kendaraan yang disenangi tentu dengan pengaturan budget yang sesuai.

    Adapun layanan yang mereka berikan di sistem digital tersebut, bukan hanya berupa pembelian mobil baru. Namun juga ada sepeda motor, kendaraan niaga, penjualan mobil bekas, trade-in, hingga layanan dealer otomotif lainnya secara digital, termasuk aftersales atau layanan purna jual.  

    Panduan Chat Non Bot

    Sekilas tentang fitur-fitur yang mereka sematkan, selain bisa melakukan penelusuran secara mandiri, juga bisa melalui panduan obrolan non bot. Artinya fitur chat akan dibalas langsung oleh tenaga yang mereka siapkan untuk itu. Kemudian bisa membuat perbandingan atau komparasi spesifikasi kendaraan yang diinginkan menggunakan fitur 'bandingkan mobil'.

    Lalu bagaimana dengan wilayah jangkauan mereka? Meski penjualan dilakukan secara digital, namun wilayah jangkauan juga sangat penting. Hingga saat ini mereka mengaku telah memiliki 80-an dealer & bengkel yang tersebar di kota besar pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Artinya, jika pun Anda melakukan pembelian melalui website, namun keterjangkauan Anda dari dealer terdekat tetap diperhatikan.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id