Rencana Toyota Tinggalkan Mesin Kapasitas Besar

    Ekawan Raharja - 29 April 2020 12:18 WIB
    Rencana Toyota Tinggalkan Mesin Kapasitas Besar
    Salah satu yang berniat untuk meninggalkan teknologi mesin V8 adalah Toyota. Toyota



    Tokyo: Keberadaan mesin dengan kubikasi besar, khususnya V8, V10, hingga V12 kini sudah sangat jarang ditemui dan digantikan dengan mesin berkubikasi lebih kecil namun dengan tenaga yang tidak kalah.

    Hal ini membuat sejumlah produsen mobil sudah mulai mengurangi atau bahkan sudah tidak lagi menggunakan mesin berkubikasi besar, karena semuanya sudah bisa digantikan dengan mesin dengan ukuran yang lebih kecil.
     
    Salah satu yang berniat untuk meninggalkan teknologi mesin V8 adalah Toyota. mereka kabarnya akan menghentikan produksi mesin dengan kubikasi berkisar rata-rata 3.500-4.000 cc.
     
    Dikutip dari Motor1, Jenama asal Jepang ini akan mengganti mobil-mobil bermesin V8 dengan mesin V6 Twin-Turbo. Artinya, bisa jadi untuk generasi selanjutnya Land Cruiser tak akan menggendong mesin V8 naturally aspirated berganti dengan mesin V6 berteknologi turbo ganda.
     
    Pabrik yang berada di Alabama sudah menyiapkan 30 ribu unit bahan produksi mesin V8 produksi terakhir, sebelum digantikan mesin V6. Begitu juga dengan pabrik di Jepang yang melakukan langkah serupa dalam memproduksi mesin V8 terakhir.
     
    Pernyataan tersebut memang belum dikonfirmasi langsung Toyota, namun, rumor ini cukup kuat lantaran beberapa bocoran model baru seperti Camry Hybrid sudah tidak menggunakan mesin V8 5.700 lagi dan akan digantikan mesin V6 atau hybrid.
     
    Kendati sudah tak lagi menggunakan mesin V8, mesin ini rencananya akan dihibahkan ke divisi mobil mewah Lexus. Mesin tersebut bisa digunakan pada model Lexus LC-F yang kabarnya setingkat dengan performa Ferrari.
     
    Proses pergantian mesin ini juga tidak akan berlangsung cepat. Minimal butuh beberapa tahun untuk adaptasi sebelum seluruh mesin V8 buatan Toyota tak digunakan lagi.
    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id