comscore

Pasar Otomotif Kehilangan 2 Merek, Tak Coreng Kondisi Nasional

Ekawan Raharja - 23 Januari 2020 09:17 WIB
Pasar Otomotif Kehilangan 2 Merek, Tak Coreng Kondisi Nasional
orang-orang berbondong-bondong hadir di pameran otomotif nasional. Seven Events
Jakarta: Pasar otomotif Indonesia di 2019 meninggalkan aib dengan mundurnya dua merek, Chevrolet dan Datsun, dari kancah penjualan mobil di tanah air. Meski demikian, keduanya dinilai tidak bisa menjadi contoh kondisi industri otomotif nasional dan bukanlah sebuah aib yang memalukan.

Pengamat Otomotif, Bebin Djuana, menerangkan keputusan merek tersebut menghentikan penjualan bukan serta merta karena penerimaan konsumen di tanah air. Keputusan ini biasanya sudah melalui berbagai pertimbangan dan disebabkan karena banyak hal.
"Saya yakin dunia tidak menutup mata bahwa mundurnya itu tidak semata-mata karena kondisi nasional pada umumnya," ungkap Bebin di Kota Kasablanka Jakarta.

Kalau melihat data penjualan wholesale 2019 yang dihimpun oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar otomotif Indonesia masih cukup besar karena dapat menyerap satu juta unit dengan detail mencapai 1.030.126 unit terjual. Cuma harus diakui angka ini mengalami penurunan cukup signifikan hingga 10,5 persen dibandingkan periode yang sama di 2018.

Pria yang pernah bekerja di Indomobil menilai mundurnya dua merek tersebut tidak bisa menjadi cerminan pasar otomotif tanah air. Mengingat, hingga saat ini masih banyak merek yang memiliki bertahan di tengah kondisi otomotif yang sedang tidak baik.

Bahkan Bebin menilai baik dan apresiasi pabrikan yang tetap bertahan dari keterpurukan 2019. Mengingat di tahun itu, sejumlah merek tetap agresif menghadirkan mobil-mobil baru untuk mempertahankan persaingan otomotif.

"Artinya apa? Usaha untuk mempertahankan pangsa pasar itu ada. Sebenarnya yang diapresiasi yang seperti ini, semangatnya itu ada, semangatnya untuk bertahan, bukan menyerah," terang Bebin.

(UDA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id