Sejarah Otomotif

    Bermodal T100, Cikal Bakal 50 Tahun Perjalanan Mitsubishi Fuso

    Ekawan Raharja - 03 Desember 2020 11:00 WIB
    Bermodal T100, Cikal Bakal 50 Tahun Perjalanan Mitsubishi Fuso
    Mitsubishi Colt Diesel T100. Wikimedia Commons/Spinster
    Jakarta: Tidak banyak merek otomotif di Indonesia yang bisa bertahan hingga puluhan tahun. Salah satunya yang dalam waktu dekat ini merayakan umur emas yakni 50 tahun eksistensinya di Tanah Air adalah Mitsubishi Fuso.

    Merek kendaraan komersial ini diketahui sudah eksis di Tanah Air sejak 15 Desember 1970, dan melahirkan berbagai macam kendaraan komersial untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun siapa yang menyangka bahwasanya umurnya yang mencapai 50 tahun di Indonesia dahulu diawali dari sebuah kendaraan komersial ringan pikap.

    Pabrikan berlogo tiga berlian ini hadir di Indonesia pertama kali dengan meniagakan Colt Diesel T100 pada 1970 atau sempat dikenal dengan nama Colt Dolak atau Colt Bagong. Sejatinya di negara asalnya, Colt Diesel T100 memiliki nama Delica yang merupakan singkatan dari Delivery Car.

    Mobil ini berhasil merebut hati para juragan kala itu karena performanya sangat bisa diandalkan melibas berbagai medan dengan maksimal beban 600 kilogram. Selain itu namanya yang mudah disebutkan oleh orang Indonesia juga turut berpengaruh terhadap penjualannya kala itu, dikutip dari berbagai sumber.

    Soal jantung pacu, mobil ini dilengkapi dengan mesin diesel seri KE44 dengan kapasitas 1.100 cc dan mampu menghasilkan daya hingga 61 daya kuda. Di zaman itu, tenaga ini bisa membawa mobil ini melesat hingga 115 kilometer per jam.

    Halaman Selanjutnya
    Kemudian masuk di tahun 1979,…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id