Intip Dasbor Honda Urban EV Versi Produksi

    Ahmad Garuda - 18 Februari 2019 19:55 WIB
    Intip Dasbor Honda Urban EV Versi Produksi
    Tampilan dasbor Honda Urban EV yang bakal mulai dipasarkan di zona Eropa. Honda
    Paris: Peluncuran mobil listrik perdana milik Honda yang bakal berlangsung di Geneva Motor Show pada 5 Maret 2019 mendatang, jadi bahan gunjingan. Mobil ini mengambil basis dari Urban EV yang selama ini hanya ditampilkan dalam versi prototipe saja.

    Pabrikan berlogo H tegak itu pun tak segan memperlihatkan bagian dasbor saat mobil siap dioperasikan. Nuansa modern melalui panel-panel dasbor pun langsung jadi pusat perhatian. Terlebih jika melihat layar yang terpampang di sepanjang kursi depan pengemudi dan penumpang.
    Di dalamnya, empat penumpang dapat diakomodasi dengan dua baris bangku berlapis kain abu-abu dan aksen kayu yang klasik untuk memberikan kesan nyaman dan modern.

    Lalu apa saja fungsi dasbor yang futuristik dan sarat teknologi informasi itu? Dari keterangan yang mereka rilis, bahwa semua informasi mobil ini terdapat di sana. Misalnya sistem navigasi, kontrol baterai (tenaga cadangan) dan lain sebagainya. Kemudian sebuah layar tambahan di bagian dalam pintu yang berfungsi sebagai spion melalui kamera digital.

    Intip Dasbor Honda Urban EV Versi Produksi

    Dirakit di Honda R&D Automobile R&D Center, Wako, Honda Urban EV Concept dibangun diatas platform khusus electric vehicle sehingga memiliki lebih banyak keleluasaan untuk tata letak komponen. Seperti mesin, baterai, dan lainnya dibandingkan internal-combustion engines atau mesin konvensional.

    Selain itu, energi yang tersimpan di baterai mobil ini juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk peralatan rumah tangga. Di bagian eksterior, desain yang ditawarkan terlihat sederhana dan tidak banyak desain rumit. MIsalnya pilar A yang pipih sehingga kaca depan seakan menyambung hingga ke pintu samping.

    Keunikannya juga terdapat di grille bagian depan dan belakang mobil yang dilengkapi layar sehingga dapat menampilkan pesan bagi pengendara lain di perjalanan. Ukurannya yang kompak juga telah disesuaikan dengan area perkotaan di Eropa, sehingga mudah dibawa bermanuver.

    Dilengkapi teknologi artificial intelligence (AI) berupa Honda Automated Network Assistant, mobil ini dapat berkomunikasi dengan pengendaranya dan mengenali tingkat stres dari ekspresi wajah dan suara pengemudinya. Mempelajari gaya hidup dan preferensi pengendara, serta menyediakan sugesti dalam situasi tertentu.

    Sebelumnya, brand tersebut mengumumkan bahwa pemesanan mobil listrik Honda Urban EV produksi massal akan dibuka pada awal 2019. Selain di Eropa, mobil ini juga akan memasuki pasar Jepang pada 2020.

    Sebelumnya pemain mobil listrik dunia seperti Nissan melalui Leaf, BMW melalui i3 bahkan Tesla, sudah menawarkan teknologi serupa. Namun ada beberapa teknologi yang tidak terdapat di mobil lain, justru terdapat di Urban EV ini.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id