comscore

Toyota Persiapkan Daur Ulang Baterai Mobil Listrik, Ajak Perusahaan Amerika

Ekawan Raharja - 27 Juni 2022 15:18 WIB
Toyota Persiapkan Daur Ulang Baterai Mobil Listrik, Ajak Perusahaan Amerika
Toyota Kijang Innova BEV Concept Study Car. Toyota
Nevada: Toyota merupakan salah satu merek yang sudah mengumumkan visi mereka terhadap kendaraan listrik. Selain menyiapkan sejumlah mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan, mereka juga mempersiapkan aspek daur ulang baterai.
 
Jenama asal Jepang ini kemudian bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat (AS), Redwood Materialis Inc melakukan proses daur ulang baterai kendaraan listrik. Daur ulang baterai menjadi aspek yang harus diperhatikan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, dan mengantisipasi pertumbuhan kendaraan listrik di masa depan.
 
"Kami sedang membangun ekosistem baterai loop tertutup yang berujung untuk mengurangi biaya EV, dengan mengurangi ketergantungan bahan impor," ujar Kepala Eksekutif dan Pendiri Redwood Materials, Jeffrey Brian Straubel, dikutip dari Reuters.
 
Daur ulang baterai dengan sistem loop tertutup maka memungkinkan bagi para pemilik kendaraan menggunakan kembali baterai lama. Ini akan membuat harga baterai menurun, serta mengantisipasi pencemaran lingkungan akibat limbah baterai yang sudah tidak digunakan.
 
Lanjut Straubel, pekerjaan tahap awal akan dilakukan di kampus yang memiliki lahan 175 hektar di Nevada Utara. Sementara itu, kedepannya akan dibangun komplek lain di wilayah Amerika bagian Tenggara untuk proses daur ulang baterai kendaraan listrik.
 
Redwood juga sedang meningkatkan kapasitas produksi komponen anoda dan katoda menjadi 100 gigawatt-jam pada 2025, dan cocok untuk memasok baterai untuk 1 juta kendaraan listrik per tahun. Kemudian, kapasitas tersebut akan naik menjadi 500 GWh pada 2030, dan cukup untuk memasok 5 juta unit mobil listrik per tahun atau lebih.


(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id