comscore

2.300 Unit Hyundai Ioniq 5 Terganjal Krisis Chip Semikonduktor?

Ekawan Raharja - 28 Juni 2022 10:00 WIB
2.300 Unit Hyundai Ioniq 5 Terganjal Krisis Chip Semikonduktor?
Hyundai Ioniq 5. Medcom.id/Ekawan Raharja
Bandung: Sekarang ini berbagai produk otomotif roda dua maupun roda empat di dunia, mengusung fitur dan teknologi terkini. Semua fitur dan teknologi tersebut dapat beroperasi, lantaran terdapat benda-benda mungil di dalamnya, yang disebut chip semikonduktor.
 
Namun beberapa waktu belakangan, sekitar awal tahun 2021 hingga saat ini, industri otomotif global sedang menghadapi krisis pasokan benda kecil tersebut. Tahun lalu, meningkatnya permintaan peralatan elektronik, seperti ponsel pintar  dan konsol game, di saat utilitas pabrik tengah turun akibat pandemi covid-19, menyebabkan pasokan chip semikonduktor langka. 
 
Ditambah lagi badai musim dingin di Negara Bagian Texas (Amerika Serikat, AS) kala itu, dan kebakaran di pabrik chip otomotif Renesas Electronic Corp, semakin memperparah krisis chip semikonduktor. Repotnya, mulailah terjadi sesama produsen mobil harus bersaing, rebutan untuk mendapatkan komponen langka itu.
 
Memang awalnya, krisis pasokan chip semikonduktor hanya mempengaruhi perusahaan teknologi. Tetapi ketika kondisinya makin parah, akhirnya sejumlah pabrikan otomotif mengumumkan pembatasan. Bahkan ada yang sampai menghentikan produksi selama beberapa waktu, akibat kekurangan chip. 
 
Perlahan angin segar mulai kembali berhembus, seiring menghilangnya pandemi. Krisis chip semikonduktor industri otomotif global, yang berlangsung hampir dua tahun, diklaim saat ini sudah mulai mereda. Terlihat dari sejumlah pabrikan mobil, seperti BMW dan Mercedes-Benz mewakili pabrikan asal Eropa, yang kini sudah kembali memproduksi dengan kapasitas penuh.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id