comscore

Gelar F1 di Mandalika, Cita-Cita atau Petaka?

MetroTV - 24 Maret 2022 07:04 WIB
Gelar F1 di Mandalika, Cita-Cita atau Petaka?
Wacana digelarnya Formula 1 di Mandalika, menyeruak usai kesuksesan Indonesia menggelar MotoGP pekan lalu. F1Fanatics
Wacana Indonesia akan menggelar F1 di Sirkuit Mandalika kembali muncul ke permukaan menyusul kesuksesan menghelat balap motor paling bergensi di dunia, MotoGP, 18-20 Maret lalu. Momentum keberhasilan ini sepertinya tidak ingin dilewatkan untuk bisa menghelat ajang balap mobil paling bergengsi di dunia. 

Terlebih tajuk tersebut pernah disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo, pada Oktober tahun lalu. Apabila penyelenggaraan MotoGP berjalan dengan sukses, kemungkinan besar Sirkuit Mandalika nantinya akan diproyeksikan untuk menggelar balapan 'jet darat' Formula 1. 
Hal ini pun selaras dengan keinginan Presiden Joko Widodo. Bamsoet mengaku kalau Presiden pernah menyampaikan langsung keinginannya agar Sirkuit Mandalika juga bisa ikut menjadi tuan rumah balap F1.

Baca Juga:
Selain MotoGP, Motor Listrik Mahasiswa Nongol Di Sirkuit Mandalika


"Presiden Jokowi menyampaikan ke saya kalau MotoGP nanti berlangsung dengan baik maka tidak menutup kemungkinan Mandalika akan dijadikan sirkuit Formula 1," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu. 

Penyelenggaraan F1 di Mandalika, tentunya tetap bergantung pada banyak aspek. Seperti kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika untuk menyesuaikan kriteria dari penyelenggara F1, hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menjadi tuan rumah. Adapun peluang untuk bisa menyelenggarakan balapan F1 diperkirakan bisa terwujud pada tahun 2024 mendatang.

Royalti F1 Lebih Mahal Dari MotoGP, Realistiskah?
Jika nantinya Indonesia dan Federation Internationale de l'Automobile (FIA) menyetujui gelaran F1 dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada 2024, penyelenggara harus siap merogoh kocek hingga Rp1 triliun dalam sekali menggelar ajang balap Formula 1. Bagaimana rincian perhitungan angka yang sangat fantastis ini?
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id