Gaikindo Stimulasi Pasar Otomotif Sulawesi Selatan Lewat Pameran - Medcom

    Gaikindo Stimulasi Pasar Otomotif Sulawesi Selatan Lewat Pameran

    Ahmad Garuda - 11 September 2019 12:06 WIB
    Gaikindo Stimulasi Pasar Otomotif Sulawesi Selatan Lewat Pameran
    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bersama Dirjen ILMATE Kemenperin dan Dirjen Kemenhub mengunjungi ruang pamer di GIIAS Makassar. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Peningkatan pasar otomotif nasional tidak bisa dipungkiri juga karena peran penjualan kendaraan di daerah. Salah satunya Makassar yang mengalami peningkatan sektor penjualan otomotif sebesar 40 persen. Kondisi pula yang membuat pemerintah Sulawesi Selatan sangat optimis bisa berkontribusi lebih besar di pasar otomotif nasional.

    Dikatakan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar pada Rabu (11/9/2019), bahwa mereka cukup konsen di sektor otomotif. Termasuk untuk peningkatan penyerapan produk otomotif nasional.

    "Kami yakin wilayah Sulawesi Selatan ini mampu memberikan kontribusi besar dalam industri otomotif nasional. Makanya kami berupaya keras agar pembangunan infrastruktur seperti bandara internasional dengan perluasan dua kali lebih besar agar beban Bandara Cengkareng dan Denpasar, berkurang. Pemerataan ekonomi pun bisa dilakukan lebih cepat ke banyak wilayah," jelas Nurdin.

    Gaikindo Stimulasi Pasar Otomotif Sulawesi Selatan Lewat Pameran

    Hal ini juga disambut dengan baik oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam sambutannya di momentum yang sama. Yo (sapaan akrab Yohannes) menegaskan bahwa ini menjadi upaya bersama agar percepatan daya serap teknologi otomotif terbaru bisa lebih meluas.

    "Daya serap masyarakat terhadap produk otomotif secara nasional, tidak bisa dipungkiri juga tertolong oleh sosialisasi produk otomotif di pameran otomotif nasional. Tentu kami sangat senang dengan adanya beberapa pabrikan kendaraan yang ikut berdiri, apalagi itu produk nasional seperti Esemka. Tentu harus didukung, karena mereka mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar dan menjadi cermin perekonomian bangsa yang lebih baik," ujar Yo.

    Selain pejabat lokal dan Gaikindo, GIIAS Makassar juga menjadi sangat spesial lantaran dihadiri langsung oleh dua pejabat Kementerian yaitu Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) dari Kementerian Perindustrian, Harjanto dan Direktur Jenderal Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi.

    Dalam momentum yang sama, keduanya berharap besar bahwa industri otomotif nasional bisa terbantu dengan adanya komitmen besar, bukan hanya dari asosiasi namun juga disambut baik oleh masyarakat. Termasuk seperti pameran otomotif seperti ini di Makassar.

    "Kami berharap penyelenggaraan pameran ini di Makassar dapat menjadi wadah untuk pengembangan teknologi otomotif nasional, terutama untuk teknologi kendaraan bermotor ramah lingkungan. Mengingat banyak juga APM yang ikut serta di ajang pameran ini," klaim Harjanto.

    Pameran otomotif GIIAS Makassar ini menghadirkan 8 merek mobil sementara ada tiga merek sepeda motor. Brand mobil yang ikut dalam acara tahun ini di antaranya adalah Mitsubishi, Renault, Wuling, Fuso, Honda, DFSK, Mazda dan Daihatsu. Sementara untuk kendaraan roda dua yang ikut adalah Honda motor, Benelli dan SYM. Hanya Honda motor yang mengambil lokasi pameran di zona ruang pamer utama. Kemudian ada juga industri pendukung seperti Himawan dan Krisbow.

    Tak ketinggalan industri kustom yang menghadirkan mobil dan motor-motor kustom hasil kreasi anak Makassar. Mereka beramai-ramai memajang hasil kreatifitas mereka di zona selasar dan outdoor. Pameran ini mulai berlangsung dar Rabu (11/9) dan akan berakhir pada Minggu (15/9) nanti.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id