Anomali, Penjualan BMW Group di Indonesia Tumbuh 11 Persen

    Ekawan Raharja - 15 Januari 2020 15:44 WIB
    Anomali, Penjualan BMW Group di Indonesia Tumbuh 11 Persen
    BMW Group mengalami anomali dari pasar otomotif secara keseluruhan dengan penjualan mereka yang malah naik 11 persen di tahun ini. BMW

    Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia hingga akhir 2019 diperkirakan turun sekitar 11 persen dibandingkan periode 2018. Namun BMW Group mengalami anomali dari pasar otomotif secara keseluruhan dengan penjualan mereka yang malah naik 11 persen di tahun ini.

    Secara keseluruhan penjualan grup otomotif asal Jerman mencapai 3.675 unit dengan rincian 2.943 unit untuk BMW dan 732 unit MINI. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan dengan periode 2018 dimana penjualan atas kedua merek ini hanya sampai 3.394 unit.


    President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, menjelaskan kenaikan ini tidak terlepas dari strategi yang tepat untuk menghadapi periode tahun ini yang cukup berat. Pria asal Singapura ini mengakui kalau tantangan di 2019 cukup berat mulai dari penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan, dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pemilu.

    "Rangkaian mobil BMW seperti X5 dan X7 telah buktikan kepemimpinan di segmen premium Sports Activity Vehicle (SAV) karena terus penuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia dengan rangkaian kendaraan berteknologi inovatif. Terlebih lagi, peluncuran New X3 sDrive20i dan New X1 sDrive18i xLine dengan jelas tunjukkan bahwa kami mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan dari segi harga dan spesifikasi," ungkap Ramesh Divyanathan melalui keterangan resminya.

    Selanjutnya, peluncuran serangkaian model MINI edisi khusus, seperti Ice Blue Edition dan 60th Years Edition, dukung kesuksesan merek mobil mungil ini dalam mengembangkan pasar di Indonesia, sebagaimana dirangkum oleh pertumbuhan penjualan sebesar 34,6 persen dibandingkan tahun 2018. Keberhasilan Grup otomotif premium ini tidak terlepas juga dari rangkaian mobil dengan desain, teknologi, kekuatan merek premium, dan strategi efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

    Kini masuk di tahun 2020, mereka juga sudah menyiapkan sejumlah strategi dengan menghadirkan model-model baru. Seperti menghadirkan M8 Gran Coupe sebagai model tertinggi Seri M dan New Clubman. 

    "BMW Group Indonesia akan perkenalkan lebih banyak rangkaian mobil terbaru tahun ini, dan 2020 akan menjadi tahun pertama dimana rangkaian kendaraan yang diluncurkan 2019 dijual secara penuh."

    Sayangnya Mercedes-Benz Indonesia tidak mengumumkan hasil penjualan mereka dari tahun ke tahun. Selain itu, statusnya sebagai merek non anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) membuat mereka tidak menyertakan data penjualan mereka kepada pihak asosiasi.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id