Industri Otomotif

    Adaptif jadi Kunci Produsen Komponen Otomotif Tetap Aktif

    Ekawan Raharja - 10 September 2020 09:00 WIB
    Adaptif jadi Kunci Produsen Komponen Otomotif Tetap Aktif
    Perusahaan pelumas juga memberikan berinovasi selama Pandemik Covid-19. ExxonMobil
    Tangerang: Tetap kompetitif di momentum pandemik bukan hal mudah. Butuh strategi yang sesuai dan sistem pemasaran yang baru agar tidak tergilas oleh kondisi. Hal ini juga yang dilakukan oleh banyak produsen otomotif yang ingin tetap dekat dengan konsumennya. Salah satunya adalah PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) sebagai salah satu produsen pelumas di Indonesia. 
     
    Tantangan akibat pandemi virus corona (Covid-19), mereka pun bereaksi terhadap peluang baru dan tren konsumen yang muncul selama pandemi. Salah satunya dengan melakukan pembelian, servis kendaraan hingga memilih komponen serta pelumas hanya melalui skema virtual. Mereka terus berupaya melakukan penetrasi di pasar otomotif tanah air. 
     
    Salah satunya dengan menghadirkan ragam inovasi program yang dihadirkan bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia. Misalnya pelayanan servis di rumah, launching produk baru, hingga edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak yang terlibat.
     
    “Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia. Upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar," ujar Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia, Patrick Adhiatmadja dalam webinar yang berlangsung pada Rabu (9/9/2020).
     
    Apa yang diharapkan oleh Patrick, juga diamini oleh Marketing Director PT EMLI, Pablo Conrad. Ia menegaskan bahwa pandemi ini bukan jadi alasan mereka tak terhubung dengan konsumennya. "Paling tidak kami terus melakukan interaksi dengan konsumen juga jaringan di seluruh Indonesia."


    Trik Khusus Pelumas di Indonesia

    Menjadi produsen pelumas di pasar Indonesia bukan perkara gampang. Mengingat negara ini punya karakter unik dalam urusan cuaca dan kondisi lalu lintas terutama di perkotaan seperti Jakarta. Kemacetan, panas, lembab hingga kering sangat sering terjadi sehingga butuh pelumas yang mumpuni. 
     
    Patrick pun menegaskan bahwa soal formulasi, ini tentu jadi rahasia perusahaan mereka. Tapi mereka berani menjamin bahwa riset yang mereka lakukan untuk pasar otomotif Indonesia, berjalan cukup ketat. Termasuk untuk membuat pelumas yang sesuai dengan kondisi di Indonesia. 
     
    Hal serupa juga diterapkan oleh produsen komponen otomotif lainnya seperti ban, busi hingga komponen fast moving yang butuh adaptasi. Mengingat penggunaan kendaraan pribadi, grafiknya naik, sehingga perawatan kendaraan pun grafiknya lebih tinggi.

    (ACF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id