Mobil Baru

    Jenderal Besar Foton Bikin Ford Berang

    Ekawan Raharja - 21 September 2020 10:00 WIB
    Jenderal Besar Foton Bikin Ford Berang
    Foton Da Jiang Jun. Foton
    Beijing: Foton berencana untuk menambah lini kendaraan mereka dengan memperkenalkan Da Jiang Jun di ajang Beijing Auto Show pada 26 September 2020. Namun sebelum peluncurannya, Da Jiang Jun mendapatkan reaksi dari Ford dan tampak mereka tidak suka.
     
    Raksasa otomotif Amerika Serikat itu berencana menggugat Foton. Alasannya sudah jelas, desain Da Jiang Jun diklaim sangat mirip dengan F-150 Raptor.
     
    Secara ukuran kemungkinan mobil yang memiliki arti nama Jenderal Besar ini tidak sebesar saudaranya di Amerika Serikat. Tapi berbicara desain eksterior, sudah sangat jelas Da Jiang Jun mengkloning F-150 Raptor mentah-mentah.
     
    Dilihat saja dari desain body Da Jiang Jun sangat terasa kental F-150 Raptor yang mengusung model pikap kabin ganda. Belum lagi desain lampu dengan model bertumpuk, nama yang terpatri berukuran besar di grill, sampai bumper dengan bentuk kotak.
     
    Begitu juga dengan tampilan sampingnya yang sangat mirip sekali. Sayangnya bagian belakang belum bisa dilihat karena belum ada gambarnya, dan harus menanti pameran mobil di mulai untuk melihatnya.
     
    Bocoran lainnya yang sudah diketahui adalah pasokan tenaga si Jenderal Besar. Diketahui mereka hanya menggunakan mesin bensin 2.000 cc dan dua pilihan mesin diesel, yakni 2.000 dan 2.500 cc. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis ZF 8-percepatan.
     
    Jika dibandingkan dengan F-150 Raptor jelas kalah jauh karena menggunakan mesin 3.500 cc V6 EcoBoost yang bisa menghasilkan tenaga puncak 450 daya kuda dan torsi maksimum 691 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke-4 roda melalui transmisi otomatis 10 percepatan.
     
    Kasus plagiat mobil di Tiongkok sebenarnya bukan hal yang baru dan kerap terjadi. Honda, Jaguar Land Rover, atau Lamborghini sudah pernah menjadi korbannya. Namun mobil tiruan ini tumbuh subur di Tiongkok karena regulasi otomotif di sana tidak melarang soal plagiat desain kendaraan.

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id