Industri Otomotif

    Inggris Ucapkan Selamat Tinggal BBM di 2035

    Ekawan Raharja - 06 Februari 2020 08:27 WIB
    Inggris Ucapkan Selamat Tinggal BBM di 2035
    Supercharged Tesla. Tesla

    London: Pemerintah Inggris mengambil langkah tegas terkait perubahan iklim yang terjadi di dunia dan meningkatkan kualitas udara lebih bersih lagi. Mereka mengambil langkah dengan melarang penjualan mobil diesel dan bahan bakar minyak (BBM) baru mulai 2035, lima tahun lebih awal dari rencana.

    Perdana Menteri, Boris Johnson, mengumumkan rencana ini saat COP26 Climate Summit sebagai bagian dari rangkaian strategi mengurangi emisi karbon di Inggris hingga 2050. Mereka berencana untuk menghadirkan udara yang lebih bersih dan bebas emisi gas buang, dan menyebut negaranya memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan hidup planet pada tahun 2050.


    "Menjadi tuan rumah COP 26 menjadi momen penting bagi Inggris dan seluruh dunia sebagai satu langkah untuk mengatasi perubahan iklim," tutur Johnson.

    "Kami memiliki target ambisius pada tahun 2050 untuk bebas emisi. Tak ada tanggung jawab yang lebih besar lagi selain menjaga planet kita," sebutnya.

    Johnson akan menyerukan upaya internasional mencapai nol emisi secepat mungkin, termasuk melalui investasi teknologi yang lebih bersih, menjaga habitat alam dan memperbaiki ketangguhan terhadap dampak perubahan iklim.

    Dengan dilarangnya penjualan BBM, maka ini adalah senjakala dari mobil dengan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) yang membutuhkan bensin dan solar sebagai sumber tenaga. Selain itu, mobil dengan teknologi hybrid dan plug-in hybrid juga terancam karena membutuhkan bensin untuk menggerakan ICE yang menjadi kombinasi motor listrik.

    Rencana tersebut diharapkan bakal memuluskan produksi dan penjualan kendaraan listrik, seperti berbasis baterai dan berbahan bakar alternatif dengan sel hidrogen. Rencana ini bakal dijalankan sepenuhnya pada 2035, jika transisi yang lebih cepat memungkinkan untuk dilakukan. Beberapa penasehat pemerintahan mengusulkan, agar pelarangan ini sudah bisa disosialisasikan pada akhir 2030.

    Sejumlah negara Eropa juga juga mengumumkan akan menghentikan penggunaan BBM untuk kendaraan. Prancis berencana melarang penjualan mobil berbahan bakar fosil pada 2040. Kemudian parlemen Norwegia menetapkan target tak mengikat pada 2025 semua mobil harus nol emisi.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id