Formula E Jakarta akan Gunakan Aspal Grade 3

    Ekawan Raharja - 24 September 2019 09:56 WIB
    Formula E Jakarta akan Gunakan Aspal Grade 3
    Formula E di Jakarta akan berlangsung pada 6 Agustus 2019. Agus
    Jakarta: Penyelenggaraan Formula E akan banyak memanfaatkan area di dalam Monumen Nasional (Monas), termasuk area silang Monas yang menjadi area pusatnya. Tentu saja lintasan ini akan dipersiapkan secara intensif, termasuk pengaspalan jalan.

    Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa, menerangkan bahwa semua area lintasan akan diaspal, termasuk area silang Monas yang saat ini masih menggunakan model batu-batuan. Bahkan disebutkan untuk aspalnya tidak sulit karena cukup menggunakan aspal grade 3 punya lokal.

    "Pasti (diaspal) dan karena ini grade 3 aspalnya, cukup aspal lokal dan tidak terlalu sulit dikerjakan. Pengerjaannya sekitar 3-4 bulan rampung," ungkap Sadikin Aksa kepada Medcom.id.

    Dia menjelaskan bahwa aspal untuk balapan terbagi ada atas empat grade. Biasa untuk balap digunakan aspal 1-3, dimana grade 2 untuk penggunaan Formula 2 dan balap ketahanan dan Grade 1 untuk Formula 1.

    "Grade 1 untuk formula 1, aspalnya khusus. Bayangkan saja tenaga mobilnya seberapa besar." sambungnya.

    Sirkuit Formula E yang akan di Indonesia akan dirancang oleh Tilke Engineers & Architects yang merupakan ahli pembuatan sirkuit berbagai ajang balapan dunia. Disebutkan akan ada beberapa pilihan sirkuit yang disodorkan dengan panjang sekitar 2,7-3 kilometer.
     
    Kemudian untuk tikungannya ada sekitar 11-12 tikungan dengan 3 titik pengereman hard brake. Mengingat ada teknologi pengisian baterai dengan memanfaatkan daya pengereman.
     
    "Jadi titik pengereman hard brake ini bukan untuk seru-seruan saja, memang ada tujuannya. Bagi orang awam yang tidak paham, mereka tidak tahu ada teknologi itu," ungkap Ikin.

    Formula E akan berlangsung di Jakarta, khususnya area Monas, pada 6 Juni 2019. Kehadirannya ini menjadi tanda kembalinya balapan di bawah FIA di Indonesia setelah terakhir 22 tahun silam yakni WRC Medan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id