Asuransi Kendaraan

    Pembobolan Kaca Mobil, Tenang Dicover Asuransi

    Ekawan Raharja - 05 Agustus 2020 07:59 WIB
    Pembobolan Kaca Mobil, Tenang Dicover Asuransi
    Mobil yang kacanya dipecahkan oleh komplotan pencuri. Foto: Metrotvnews.com/Farhan
    Jakarta: Kasus kejahatan dengan pembobolan kaca mobil memang kerap terjadi di Indonesia dan bisa terjadi kepada siapa saja. Demi mengantisipasi ini, tidak ada salahnya bagi pemilik mobil untuk mengasuransikannya.

    SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto, menjelaskan risiko kaca mobil pecah karena tindak kejahatan akan ditanggung pihak asuransi. Jika memang terbukti penyebab pecahnya kaca mobil tersebut karena adanya tindak kejahatan, jika terbukti demikian maka tidak perlu khawatir karena akan ditanggung oleh pihak asuransi.

    Hal ini sudah tertuang di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.2 mengenai point perbuatan jahat. Dalam ketentuan polis, perbuatan jahat merupakan tindakan seseorang atau kelompok orang yang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena dendam, dengki, amarah, atau vandalistis.

    “Tapi kalau penyebabnya termasuk dalam huru-hara atau terorisme, maka itu di luar ketentuan polis dan tidak diganti asuransi. Jadi, dalam proses penggantian atau klaim itu pihak asuransi tidak serta merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebab. Untuk mendapatkan perlindungan mobil yang lebih menyeluruh, pelanggan dapat menambahkan perluasan jaminan sesuai dengan kebutuhan," terang Iwan melalui keterangan resminya.

    Oleh karena itu para pelanggan diharapkan agar mengecek kembali polis yang dipegang, pastikan jenis perlindungan atau perluasan perlindungan yang diambil sudah sesuai dengan kebutuhan. Sebagai proteksi lebih dengan melakukan perluasan jaminan pada asuransi mobil, yaitu jaminan perlindungan tambahan di luar ketentuan yang terdapat pada polis asuransi umum.

    Proteksi ini menjamin penggantian risiko kendaraan yang disebabkan beberapa penyebab, antara lain bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, sabotase, dan lainnya.

    Lalu bagaimana cara klaim kaca mobil yang pecah? Untuk pelanggan asuransi GardaOto bisa melaporkan kejadiannya melalui contact center Garda Akses di nomor 1500112 selama 24 jam atau Anda dapat mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat. Dan perlu dicatat, pelaporan kerugian setelah kejadian harus dilakukan selambat-lambatnya lima hari kerja setelah kejadian, sesuai dengan yang sudah tercantum di dalam polis.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id