Teknologi Otomotif

    Uji Tabrak Mobil Tak Asal Hantam, Ada Metodenya

    Ekawan Raharja - 25 September 2020 16:00 WIB
    Uji Tabrak Mobil Tak Asal Hantam, Ada Metodenya
    Uji tabrak mobil digunakan untuk mengukur keselamatan dan keamanan mobil. EURO NCAP
    Jakarta: Salah satu untuk mengukur tingkat keamanan dan keselamatan sebuah mobil adalah dengan melakukan uji tabrak. Teknik uji tabrak ini dilakukan oleh pabrikan dan lembaga keamanan dengan menggunakan metode khusus.
     
    Bagi masyarakat awam mungkin berpikir uji tabrak dilakukan asal-asalan dengan cara menghatam mobil ke tembok atau objek khusus. Padahal uji tabrak ini memiliki metode pengujian, dan setidaknya ada 4 metode yang digunakan hingga saat ini.
     
    Lantas metode apa saja yang digunakan saat uji tabrak? Laman resmi Garda Oto pun menjawabnya.
     

    1. Tes Tabrak Sisi Depan

    Uji tabrak tidak luput dari uji coba di bagian sisi depan. Tujuan dari tes ini adalah melihat seberapa parah dampak kerusakan yang diterima mobil jika menabrak objek tes, seperti pembatas jalan, dinding, rangka besi mobil, maupun material lainnya.
     
    Untuk melakukan tes ini, mobil akan ditabrakan ke sebuah tembok dengan rentang kecepatan 50-64 kilometer per jam. Selain itu, ada beberapa boneka yang ditempatkan di dalam mobil untuk mengetahui tingkat cedera yang dialami oleh penumpang di dalamnya.

    Halaman Selanjutnya
      2. Tes Tabrak Sisi…
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id