Cara Baru Menjual Mobil

    Begini Cara Dealer Mobil Jualan di Kenormalan Baru

    Ahmad Garuda - 07 Juli 2020 14:15 WIB
    Begini Cara Dealer Mobil Jualan di Kenormalan Baru
    Cara menjual mobil di momen kenormalan baru. Mitsubishi
    Jakarta: Banyak strategi atau cara baru yang diterapkan dalam berkehidupan sekaran ini. Bukan hanya pergi dan pulang kantor, namun juga dalam aktifitas penjualan kendaraan. Seperti yang dilakukan beberapa merek otomotif, termasuk Mitsubishi yang menerapkan ragam protokol kesehatan dalam menyambut kenormalan baru di dealer resminya.

    Regulasi penerapan protokol kesehatan tersebut mengadaptasi aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Yaitu untuk kegiatan operasional seluruh dealer resmi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan merek asal Jepang itu, serta kegiatan penjualan dan purna jual yang dilakukan di luar area dealer sejak pada 1 Juli 2020.

    “Penerapan protokol kesehatan ini merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dalam suasana kenormalan baru. Tujuannya memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen saat melakukan aktivitas serta mengakses fasilitas dan layanan dalam proses kepemilikan kendaraan. Ini juga jadi acuan dan panduan protokol kesehatan dalam kegiatan operasional dealer dan interaksi dengan konsumen,” ungkap President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), Naoya Nakamura.

    Secara umum situasi penerapan protokol Kesehatan dengan konsumen diterapkan pada dua situasi, yakni:
     
    1. Walk in Customer
    Soal kegiatan konsumen di area dealer untuk kegiatan penjualan dan bengkel untuk layanan pemeliharaan kendaraan.

    -Melakukan persiapan kebersihan dan kondisi steril di area diler dan bengkel dengan cairan pembersih/ disinfektan sebelum diler buka dan tutup setiap harinya. Perhatian lebih terhadap objek yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja resepsionis, meja dan kursi negosiasi dan ruang tunggu, digital tools, unit pamer - test drive - yang diserahkan pada konsumen, kids-zone, toilet dan sebagainya.

    -Memastikan sabun cuci tangan dan hand sanitizer selalu tersedia.

    -Seluruh personil yang bertugas di diler (mulai dari petugas kebersihan, frontliner, tenaga penjual hingga teknisi) mengenakan atribut perlindungan diri dari Covid-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield.

    -Melaksanakan protokol Kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas dealer dan konsumen. Di antaranya memeriksa suhu tubuh menggunakan thermometer gun, kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak (minimal 1 meter), menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode cashless.

    2. Kegiatan di luar Outlet
    Terkait kegiatan yang dilakukan di luar area diler untuk kegiatan penjualan dan
    layanan pemeliharaan kendaraan.

    -Konsumen mencari informasi melalui media umum dan melakukan kontak melalui saluran resmi Mitsubishi Motors Indonesia (media sosial, website, aplikasi My Mitsubishi Motors ID, layanan Mitsubishi Motors Customer Care, dan sebagainya.

    -Petugas dealer melakukan follow-up.

    -Melaksanakan persiapan kebersihan dan kondisi steril unit dan peralatan yang digunakan.

    -Seluruh personil yang bertugas keluar menemui konsumen mengenakan atribut perlindungan diri dari Covid-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield.

    -Melaksanakan protokol Kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas diler dan konsumen seperti: kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak (minimal 1 meter), menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode cashless.

    Selain Mitsubishi, bebreapa merek lain seperti Toyota, Suzuki, Honda dan Daihatsu juga melakukan hal yang sama. Sehingga bisa dibilang, kini ada cara baru dalam kepemilikan kendaraan.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id