Ganti Mobil Setiap Tiga Tahun, Untung atau Buntung? - Medcom

    Ganti Mobil Setiap Tiga Tahun, Untung atau Buntung?

    Ahmad Garuda - 17 Oktober 2019 17:10 WIB
    Ganti Mobil Setiap Tiga Tahun, Untung atau Buntung?
    Ganti mobil setiap tiga tahun, untung atau buntung? MI/AGUS M
    Jakarta: Mengganti mobil setiap tiga tahun biasanya dilakukan oleh mereka yang tak ingin ribet soal perawatan kendaraan. Apalagi jika mobil tersebut punya jam terbang tinggi dan digunakan untuk keperluan wara-wiri dari rumah ke kantor.

    Tren mengganti mobil setiap 3 tahun pun mulai bergulir. Beberapa dari pemilik mobil pun merasa cukup nyaman jika menggunakan mobil baru. Lantaran mereka lebih untung dari sisi jumlah perawatan yang tidak terlalu sering. Hanya mengikuti pola perawatan rutin untuk mobil baru saja.

    Namun beberapa jaringan penjualan kendaraan seperti yang berada di bawah Toyota yaitu Auto2000, mulai memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin melakukan penggantian mobil setiap tiga tahun. Yaitu melalui Toyota Drive yang mereka kembangkan jadi sistem kepemilikan mobil baru tanpa ribet menjual mobil lama terlebih dahulu.

    “Tren ganti mobil setelah masuk usia 3 tahun cukup besar. Hal ini yang kami respon dan mendapatkan keuntungan meneruskan cicilannya saja. Tentu akan mempermudah prosesnya, ketimbang harus menjual dulu kendaraan Anda baru ke showroom untuk memilih kendaraan,” jelas Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan, Rabu (16/10/2019) melalui keterangan resminya.

    Di program ini dikatakan, Jaminan Harga Jual (JHJ) di akhir tenor cukup baik. Dengan begitu, pokok utang yang tersisa dan biaya down payment mobil baru berikutnya masuk ke dalam JHJ dan pemilik mobil tinggal melanjutkan cicilan untuk mobil baru tersebut.

    Sebagai simulasi, jika calon pembeli ingin meminang sebuah New Sienta 1.5 Q CVT, mereka cukup membayar Total Down Payment (TDP) sejumlah Rp59,6 juta dan cicilan sebesar Rp5,95 juta selama 35 bulan. Di akhir masa cicilan, pemilik Multi Purpose Vehicle (MPV) perkotaan ini memiliki sisa pokok utang sebesar Rp118 juta dan JHJ sebesar Rp163 juta. Perhitungan berlaku untuk harga On The Road (OTR) Jakarta dengan syarat dan ketentuan berlaku.

    Tentunya juga bisa melakukan trade-in atau tukar tambah mobil baru dengan memasukkan pokok utang dan TDP ke dalam JHJ. Alhasil, Anda hanya perlu membayar cicilan untuk mobil baru miliknya. Untuk pelanggan yang tidak ingin melakukan tukar tambah di tahun ke-3, ada beberapa opsi disediakan.

    Pertama adalah Extend, konsumen memperpanjang masa cicilan untuk 3 tahun berikutnya. Selanjutnya adalah Return, yaitu pemilik ‘mengembalikan’ mobil ke pihak Auto2000 dan mendapatkan uang sebesar nilai JHJ yang disesuaikan, dengan dikurangi nilai pelunasan pokok utang. Terakhir, bisa melunasi New Sienta sesuai dengan nilai pokok utang yang tesisa di akhir periode.

    Namun ada syaratnya, yaitu jarak tempuh mobil tidak mencapai 45.000 km dalam 3 tahun, mobil tidak mengalami kecelakaan berat yang merusak sasis atau terkena dampak banjir. Kemudian mobil tidak dimodifikasi di area mesin atau mengubah bentuk standard, rutin servis berkala di bengkel resmi, serta dokuman lengkap dan asli.

    Jika dilihat dari beberapa proses yang njelimet dihilangkan, tentu program seperti ini cukup menguntungkan. Apalagi dari sisi aftersales (purna jual) lebih terjamin karena unit masih baru. Jadi, wajar jika banyak yang menganggap ganti mobil setiap 3 tahun, itu membawa keuntungan besar.

    Sayangnya, mobil yang masuk daftar untuk program ini dibatasi hanya untuk New Avanza, New Yaris, New Sienta, New Innova, dan New Fortuner saja. Jadi jika Anda ingin unit selain itu, mungkin tak akan mendapat pelayanan ini.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id