Industri Otomotif

    Perlu 2-3 Tahun Pasar Otomotif Bisa Kembali Normal

    Ekawan Raharja - 15 Mei 2020 09:33 WIB
    Perlu 2-3 Tahun Pasar Otomotif Bisa Kembali Normal
    Diharapkan pasar otomotif kembali meningkat dalam waktu 2-3 tahun ke depan. Auto2000
    Jakarta: Pandemik virus korona memang berdampak untuk hampir seluruh sektor hajat hidup masyarakat. Bahkan pasar otomotif yang juga terdampak diperkirakan baru bisa kembali lagi normal dalam beberapa tahun belakangan.

    Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Rizwan Alamsjah, menjelaskan Gaikindo sudah memprediksi adanya penurunan pasar otomotif yang disebabkan oleh virus korona. Olah karena itu, Gaikindo kemudian merevisi target penjualan di akhir tahun 2020 menjadi 600 ribu unit.

    "Sebelumnya Gaikindo sudah menetapkan target penjualan di akhir tahun 2020 di angka 1.050.000 unit. Kemudian kami revisi menjadi 600 ribu unit hingga akhir tahun 2020," ujar Rizwan Alamsjah Kamis (14/5/2020) melalui Live YouTube.

    Tentu untuk kembali pulih menuju penjualan satu juta unit per tahun dibutuhkan waktu dan proses. Rizwan memperkirakan pasar otomotif membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk bisa menembus penjualan seperti sedia kala.

    "Kalau kita lihat pengalaman 1998, memang percepatan kenaikan saya bilang 2 tahun terlalu optimis, 2-3 tahun kembali lagi angkatnya di atas 1 juta unit lagi. Tahun depan (2021) masih di bawah satu juta unit, kemudian tahun berikutnya lagi 1 juta unit lebih," jelasnya.

    Pengalaman tahun 1998 yang dimaksud Rizwan adalah ketika Indonesia mengalami krisis moneter yang cukup parah dan berpengaruh terhadap penjualan mobil. Dia melihat pasar otomotif tidak terlalu lama untuk kembali lagi bergairah dan kembali meningkat sejak penurunan di tahun 1998.

    "Dunia otomotif dulu zaman krisis cepat sekali kembali. Setelah di lepas (dari pandemik virus korona) terpicu melakukan pemilihan sesuatu dan datang melihat (ke pameran). Lihat 1998 ke 1999, pengunjung dratis meningkat."

    "Kita punya optimisme masyarakat kita begitu. Walaupun ada terdampak, tetapi golongan menengah diharapkan sebagai motor pertumbuhan penjualan lagi," jelas Rizwan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id