Industri Otomotif

    Serius Garap Kendaraan Listrik, Ini Daftar Insentifnya Di Thailand

    Ekawan Raharja - 11 November 2020 09:00 WIB
    Serius Garap Kendaraan Listrik, Ini Daftar Insentifnya Di Thailand
    Ilustrasi mobil lisrik. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Bangkok: Thailand tampaknya sangat serius dalam menggaet investasi untuk pengembangan kendaraan listrik di sana. Hal ini ditunjukan dengan rangkaian insentif untuk kendaraan listrik yang sudah mereka teken beberapa waktu lalu.
     
    Thailand Board of Investment (BOI) baru saja menyetujui sejumlah insentif yang cukup komprehensif untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Negeri Gajah Putih tersebut. Insentif yang diberikan ini mencakup kemudahan untuk seluruh rantai pasok kendaraan listrik dengan berfokus kepada kendaraan full listrik (baterai electric vehicle/BEV), produsen suku cadang, hingga kapal.
     
    "Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mempromosikan kendaraan listrik secara menyeluruh, dan untuk menjawab perubahan radikal yang sedang terjadi dalam industri mobil global, BOI hari ini menyetujui paket yang akan mempercepat pengembangan produksi EV dan rantai pasokan terkait di Thailand, dan mengizinkan seluruh sektor bergerak ke tingkat yang lebih tinggi," kata Sekretaris Jenderal BOI, Duangjai Asawachintachit, dikutip dari situs resmi BOI.
     
    Paket insentif yang baru saja ditandatangani ini akan memberikan kemudahan untuk berbagai jenis kendaraan listrik mulai dari mobil, bus, truk, sepeda motor, becak, hingga kapal laut. Secara keseluruhan, insentif yang diberikan dirangkum sebagai berikut;
     

    1. Mobil Penumpang

    Bagi produsen otomotif yang mengucurkan investasi senilai THB5 miliar akan mendapatkan pembebasan pajak perusahaan selama tiga tahun untuk proyek PHEV (plug-in hybrid EV) dan pembebasan pajak selama delapan tahun untuk BEV. Sedangkan untuk proyek yang memenuhi syarat dengan total investasi senilai kurang dari THB5 miliar tetap mendapatkan pembebasan pajak selama tiga tahun untuk PHEV dan BEV.
     
    Namun pembebasan pajak ini bisa diperpanjang apabila perusahaan melakuak investasi tambahan di bidang research and development, produksi mulai 2022, produksi cuku cadang, dan lain-lainnya.
     

    2. Sepeda Motor & Kendaraan Komersial

    Proyek yang memenuhi syarat akan diberikan pembebasan pajak penghasilan badan selama 3 tahun, dapat diperpanjang jika memenuhi persyaratan tambahan.
     

    3. Kapal Bertenaga Listrik

    Kapal dengan tonase kotor kurang dari 500, akan memenuhi syarat untuk pembebasan pajak penghasilan badan selama delapan tahun.
     
    Selain itu, untuk produsen suku cadang (termasuk harness tegangan tinggi, roda gigi reduksi, sistem pendingin baterai, dan sistem pemutusan regeneratif) akan menerima pembebasan pajak perusahaan selama delapan tahun. Kemudian proyek produksi sel dan pack baterai untuk pasar lokal akan mendapatkan pengurangan bea masuk sebesar 90% selama dua tahun untuk bahan mentah atau bahan penting yang tidak tersedia di Thailand.

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id