Peristiwa Unik

    Lahan Parkir di Hongkong Kalahkan Harga Apartemen di Manhattan?

    Ekawan Raharja - 30 Oktober 2019 16:19 WIB
    Lahan Parkir di Hongkong Kalahkan Harga Apartemen di Manhattan?
    Salah satu gedung parkir di jantung kota Hongkong, AFP Photo/Jayne Russell
    Jakarta: Kebutuhan ruang parkir di kota-kota besar tentu sangat penting mengingat mobilitas warga perkotaan banyak menggunakan mobil pribadi. Jumlah mobil yang lalu lalang di jalan terus bertambah, terbalik dengan lahan parkir yang tetap karena lokasinya harus bersaing dengan properti lainnya seperti kantor, apartemen, atau rumah.
     
    Di Di Hongkong, harga sebuah lahan parkir bernilai tinggi dan menjadi salah satu properti yang sangat berharga. Dikutip dari Motor1, sebuah tempat parkir di The Center, gedung perkantoran dengan 73 lantai yang berlokasi di tengah Hong Kong, dibanderol seharga $969.000 atau sekitar Rp13 Miliar.
     
    Pemilik lahan parkir, Johnny Cheung Shun-yee, menjelaskan kalau lahan parkir tersebut dijual kepada The Center yang merupakan gedung perkantoran. Soal luas, lahan parkir ini juga tidak seberapa luas, hanya 12,5 meter persegi.
     
    Namun bila dihitung dengan ukuran 12,5 meter persegi, maka harga rata-ratanya sekitar Rp1,1 miliar per meter persegi. Sementara, harga rata-rata properti di Manhattan, New York, Amerika Serikat memiliki harga Rp250 juta per meter persegi.
     
    Harga tersebut diperkirakan menjadikan tempat parkir ini empat kali lebih mahal dari apartemen mewah di New York dan tiga kali lebih mahal dari harga tengah rumah di Hongkong. Sehingga lahan parkir di Hongkong ini bisa dibilang sebagai lahan parkir paling mahal di Hongkong.
     
    Tidak dijelaskan kenapa gedung perkantoran The Center membeli lahan parkir tersebut begitu mahal. Bisa jadi mereka sengaja membeli lahan parkir tersebut untuk menambah lahan parkir mereka, atau juga membangun gedung parkiran yang bisa menampung lebih banyak mobil. 

    Bila harganya begitu mahal, lantas berapa biaya parkir per jam untuk sebuah mobil di sana?
    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id