comscore

Polri Razia Pelat "Dewa" yang Bandel, Ini Dosa-Dosanya

Ekawan Raharja - 20 Januari 2022 11:00 WIB
Polri Razia Pelat Dewa yang Bandel, Ini Dosa-Dosanya
Ilustrasi pelat "dewa" dengan kode RF. Dok Medcom.id
Jakarta: Polda Metro Jaya terus menilang kendaraan berpelat khusus untuk menjaga ketertiban lalu lintas. Selama 3 hari terhitung Senin (17/1), sebanyak 124 kendaraan berpelat khusus hingga RF ditindak petugas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan kendaraan dengan pelat khusus itu melakukan sejumlah pelanggaran lalu lintas.
“Kami tindak dengan tilang dengan berbagai jenis pelanggaran,” ungkap Sambodo kepada wartawan, Rabu (19-1-2022), dikutip dari NTMC Polri.

Sambodo mengungkapkan ada 3 jenis pelanggaran yang kerap dilakukan mobil berpelat khusus dan RF ini. “Paling banyak pelanggaran ganjil genap, pelanggaran bahu jalan, dan pelanggaran penggunaan rotator serta sirine,” ujar Sambodo.

Sambodo menegaskan, tindak penilangan itu dilakukan sebagai bukti bahwa semua pengguna jalan wajib mengikuti peraturan yang berlaku.

“Kami sampaikan sekali lagi para pengguna atau pemilik kendaraan yang menggunakan STNK khusus atau rahasia bahwa kendaraan tersebut wajib hukumnya untuk mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku,” tutupnya.

Pelat nomor dengan kode RF, seperti RFS, RFP, RFL, RFUm merupakan pelat nomor untuk menandakan kalangan tertentu seperti pejabat negara mulai dari eselon II hingga menteri. Sayangnya, kondisi ini membuat sejumlah pengemudinya lalai dan melakukan sejumlah pelanggaran lalu lintas. Sehingga kemudian ada anggapan di masyarakat bahwa pelat nomor tersebut pelat nomor dewa.

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id