Jalan Tol

    Begini Cara Jasa Marga Lakukan Mitigasi Penyebaran Korona

    M. Bagus Rachmanto - 19 Maret 2020 08:54 WIB
    Begini Cara Jasa Marga Lakukan Mitigasi Penyebaran Korona
    Pencegahan penularan virus corona dengan menjaga kebersihan Gardu Tol Otomatis. Jasa Marga
    Jakarta: Hampir seluruh lapisan masyarakat melakukan aksi pencegahan penyebaran virus korona dengan berbagai cara. Jasa Marga tidak ketinggalan untuk melakukan mitigasi covid-19, khususnya di operasional di gerbang tol.

    Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan bahwa mitigasi yang dilakukan di area operasional gerbang tol sangat penting, karena merupakan ujung tombak transaksi yang melibatkan pengguna jalan maupun Petugas Customer Service (CS) dan Mobile Customer Service (MCS).

    “Sesuai dengan arahan presiden dan kementerian BUMN, pelayanan publik dalam hal ini operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol yang dimulai dari kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol,” jelas Heru dalam keterangan persnya.

    Heru juga menambahkan, petugas mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol dilengkapi alat pelindung diri (APD) berupa rompi, masker dan sarung tangan, terutama petugas CS yang berinteraksi dengan pengguna jalan. Sesuai SOP, petugas CS juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer, serta melakukan pengecekan suhu tubuh, baik pra dan pasca tugas.

    “Saat ini untuk petugas CS yang bekerja di gerbang tol masih ada yang harus membantu tapping uang elektronik pengguna jalan, sehingga cukup berpotensi untuk penularan Covid-19 baik untuk pengguna jalan maupun petugas CS. Kami harap dengan menggunakan sarung tangan dan masker, baik petugas CS maupun pengguna jalan mendapatkan perlindungan awal atas epidemi Covid-19 ini,” tambahnya.

    Sementara itu, untuk memastikan kebersihan Gardu Tol Otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan, minimal satu jam sekali.

    Selain di gerbang tol, Jasa Marga Group juga meningkatkan pengendalian kebersihan dan tingkat higienitas di rest area jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business (JMRB). Kegiatan ini telah dilakukan dan masih terus berjalan dengan sosialisasi untuk mencuci tangan dengan benar, serta menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat strategis seperti di lokasi tenan, akses ke toilet hingga musholla.

    “Kami juga sudah menggulung semua karpet musholla di seluruh rest area yang dilakukan secara bertahap sehingga pengguna jalan tidak perlu khawatir akan kebersihan saat beribadah. Kami mengimbau agar pengguna jalan membawa perlengkapan ibadah sendiri untuk meminimalisir penularan Covid-19,” pungkas Heru.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id