Mobil Baru

    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?

    Ekawan Raharja - 07 Agustus 2020 10:29 WIB
    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?
    Toyota corolla Cross. Toyota
    Jakarta: Toyota Indonesia akhirnya memperkenalkan All New Corolla Cross untuk pasar di Indonesia. Sejatinya memang crossover ini tidak jauh berbeda dengan ada yang Thailand, tetapi tentu ada sedikit perbedaan yang memang disesuaikan untuk pasar Indonesia.
     
    President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, menjelaskan mobil yang dibangun di atas sasis yang sama dengan Corolla Altis ini menawarkan teknologi canggih serta desain yang elegan. Pengemudi diklaim bisa mendapatkan sensasi mengemudi yang menyenangkan, serta perjalanan yang seru, nyaman, dan fungsional sebagai nilai utama dari mobil satu ini.
     
    "Mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, All New Corolla Cross hadir dengan style yang elegan, pengalaman berkendara yang menyenangkan, dilengkapi teknologi advance dengan keunggulan SUV yang tangguh, dan nilai fungsionalitas tinggi,” kata Susumu Matsuda Kamis (6/8/2020) saat peluncuran berlangsung.
     

    Desain Eksterior

    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?

    Pada dasarnya mobil ini dibangun di atas sasis Toyota New Global Architecture C (TNGA-C) yang menjadi sasis generasi terkini yang dikembangkan. Sasis ini juga sudah teruji di sejumlah model lainnya seperti C-HR, Corolla Altis, dan lain-lainnya.
     
    Secara keseluruhan mobil ini memiliki ukuran panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.640 mm. Soal ukuran tentu ini tidak jauh berbeda dengan sejumlah kompetitornya seperti Mazda CX-30 atau Honda HR-V.
     
    Di bagian fascia desainnya cukup tebal dengan grill hitam dibingkai dengan warna hitam tebal. Belum lagi bagian bumper bawah juga tampak penuh dengan garis besar hitam dari bawah grill sampai bagian kolong. Belum lagi pelek berukuran 17 inci dengan balutan ban 215/60 di varian V dan pelek 18 inci dengan ban 225/50 untuk varian hybrid memberikan kesan kekar untuk All New Corolla Cross.
     
    Kesan sporty kian terasa dengan desain headlamp tajam, yang dipadukan dengan lampu LED DRL (daytime running lights). Khusus untuk varian hybrid mendapatkan sentuhan warna biru di bagian lampu dan emblem sebagai penandanya.
     

    Desain Interior

    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?

    Secara desain, compact crossover ini mampu membawa lima orang penumpang, dan didukung dengan bagasi yang lega. Kemudian didukung dengan wheelbase 2.640 mm membuat leg room dan head room terasa lega memberikan rasa nyaman selama perjalanan.
     
    Desain interior kemudian dirancang dengan nuansa elegan hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.
     
    Sementara penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Belum lagi jok belakang bisa dilipat dan memberikan ruang bagasi yang lebih luas jika dibutuhkan.
     

    Performa Mesin

    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?

    All New Corolla Cross yang ada di Indonesia mengusung dua varian dengan spesifikasi mesin yang berbeda. Meski sama-sama mengusung mesin 1.800 cc bensin, tetapi varian hybridnya mendapatkan bantuan motor listrik.
     
    Corolla Cross Hybrid di Indonesia menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 142 Nm, dibantu motor listrik 1NM AC Synchronous 72 hp dengan torsi 163 Nm. Toyota Indonesia mengklaim untuk konsumsi bahan bakarnya mencapai 23 kilometer per liter (tergantung dengan gaya mengemudi).
     
    Sebagai perbandingan Corolla Cross mesin konvensional didukung mesin 1.800 cc dengan tenaga 140 PS @ 6.000 rpm dan torsi 177 Nm @ 4.000 rpm. Catatan konsumsi bahan bakar tembus 15 kilometer per liter. Bisa dibilang untuk kedua spesifikasi mesin yang ditawarkan ini sama dengan yang ada di Thailand.
     

    Fitur Keamanan & Kenyamanan

    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?

    Fitur keamanan sudah menjadi salah satu poin penting di mobil-mobil sekarang ini. Tidak salah juga jika All New Corolla dilengkapi dengan sejumlah fitur penting guna mendukung perjalanan.
     
    Soal fitur keselamatan mobil produksi Thailand ini memiliki rem ABS+EBD, 3 point seat belt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.
     
    Sayangnya untuk versi di Indonesia ini tidak dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS). Padahal model serupa di Thailand dan Vietnam dilengkapi dengan TSS yang meliputi Pre Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam
     
    Kemudian untuk fitur kenyamanan tersedia audio steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inci, dan head unit 9 inchi yang dilengkapi konektivitas radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command. Tidak ketinggalan hadir fitur moonroof, rain sensor, serta pembuka bagasi belakang secara otomatis dengan kaki.
     

    Harga & Kompetitor

    Mobil Hybrid 'Termurah' Corolla Cross, Apa Kelebihannya?

    Raksasa otomotif asal Jepang ini menawarkan Corolla Cross hybrid dengan harga Rp 497,8 juta (on the road DKI Jakarta). Tetapi jika ingin membeli varian bermesin konvensional juga disediakan dengan harga Rp 457,8 juta (on the road DKI Jakarta).
     
    Kalau secara ukuran dan segmentasi, bisa dibilang Corolla Cross bisa menjadi lawan yang sepadan untuk Honda HR-V, Mitsubishi Eclipse Cross, Mazda CX-30, dan Hyundai Tucson. Namun untuk spesifikasi Corolla Cross Hybrid, sayangnya model milik Toyota ini melenggang kangkung tanpa ada lawan sepadan di Tanah Air.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id