Mobil Listrik

    Teknologi Hybrid & PHEV Paling Pas Sekarang Ini

    Ekawan Raharja - 27 November 2020 16:00 WIB
    Teknologi Hybrid & PHEV Paling Pas Sekarang Ini
    Nissan Kicks e-Power. Nissan
    Jakarta: Industri dan pasar otomotif Indonesia sekarang ini terus bergerak menuju era mobil listrik. Namun untuk menuju era mobil full listrik (battery electric vehicle/BEV), maka diperlukan teknologi transisi yang tepat untuk peralihan dari penggunaan mobil konvensional menuju mobil full listrik
     
    Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto, menjelaskan pemerintah memang sedang menuju ke arah mobil listrik di masa depan. Namun dalam implementasinya di masyarakat, tentu diperlukan masa transisi dengan memanfaatkan teknologi hybrid atau plug-in hybrid (PHEV) yang dapat menjadi jembatan penghubung ke mobil full listrik.
     
    “Kalau dalam waktu ini saya pilih hybrid atau PHEV. Namun, dalam jangka panjang kalau ekosistemnya sudah ada, kita bisa pindah langsung ke BEV [battery electric vehicle],” ujar Riyanto Kamis (26/11/2020) melalui diskusi Diskusi Virtual Industri Otomotif.
     
    Tujuan utama dalam penggunaan mobil listrik adalah menurunkan emisi karbon gas buang yang dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan bermotor. Hal ini kemudian mendorong Universitas Indonesia untuk melakukan uji coba akan kendaraan PHEV di kawasan perkotaan.
     
    "Selama simulasi, BBM-nya terpakai kecil karena hanya memakai untuk jarak-jarak pendek di dalam kota. Jadi semuanya digerakkan oleh baterai. PHEV ini mirip dengan full baterai karena kalau di dalam kota pembakarnya tidak berfungsi," ungkap Riyanto.

    Halaman Selanjutnya
      Teknologi Hybrid & PHEV Paling Pas Sekarang Ini






    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id