Mobil Listrik

    Pabrik Baterai Di Karawang Siap Pasok 150 Ribu Mobil Listrik

    Ekawan Raharja - 30 Juli 2021 10:00 WIB
    Pabrik Baterai Di Karawang Siap Pasok 150 Ribu Mobil Listrik
    Pabrik baterai di Karawang siap memasok sel baterai mobil listrik dengan sasis e-GMP. Hyundai



    Karawang: Hyundai dan LG secara resmi bekerja sama untuk membangun pabrik sel baterai mobil listrik di Karawang Jawa Barat. Saat sudah mulai beroperasi, pabrik ini siap untuk memasok ratusan ribu mobil listrik per tahunnya.

    Menurut keterangan resminya, kedua perusahaan asal Korea Selatan itu akan menginvestasikan dana senilai USD1,1 miliar ke dalam joint venture untuk membangun pabrik sel baterai di Karawang. Masing-masing akan berhak atas 50 persen kepemilikan saham di joint venture ini. Sedangkan Pemerintah Indonesia setuju untuk mendukung melalui berbagai insentif untuk kelancaran proses operasional yang stabil dari pabrik tersebut.
     
    Pembangunan pabrik dijadwalkan akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2021, dan rampung pada semester pertama tahun 2023. Sedangkan produksi massal sel baterai di fasilitas baru ini diharapkan akan dimulai pada semester pertama tahun 2024.

     



    Pabrik sel baterai baru di Karawang akan dibangun di atas lahan seluas 330 ribu meter persegi. Ketika beroperasi penuh, fasilitas ini diharapkan menghasilkan sel baterai lithium-ion NCMA dengan total 10 GWh setiap tahunnya, dan mampu memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit mobil listrik.

    Sel baterai yang diproduksi oleh pabrik di Karawang akan digunakan pada model mobil listrik Hyundai dan Kia yang dibangun di atas platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Pabrik baru ini akan membantu memproduksi kendaraan dengan efisiensi, kinerja, dan keamanan tinggi dengan memasok sel baterai yang dioptimalkan untuk dua model mobil listrik utuh dari produsen mobil tersebut.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id