Sejarah Otomotif

    Sejarah Perkembangan AMG, Berawal dari Dunia Balap Ketahanan

    Ekawan Raharja - 04 Agustus 2021 16:00 WIB
    Sejarah Perkembangan AMG, Berawal dari Dunia Balap Ketahanan
    Mercedes-Benz 300 SEL 6.8 yang didgunakan AMG di ajang 24 Hours of Spa-Francorchamps tahun 1971. Mercedes-Benz



    Jakarta: Hampir seluruh merek memiliki perangkat high performance yang dikembangkan bersama-sama antara pihak pabrikan dengan rumah modifikasi atau divisi high performance. Sebagai contoh BMW memiliki M Division, Toyota dengan Gazoo Racing, Mitsubishi dengan Ralliart, dan Mercedes-Benz dengan AMG.
     
    Nah, untuk nama terakhir disebutkan sering kita lihat Mercedes-Benz mengeluar seri dengan nama Mercedes-AMG, seperti contoh Mercedes-AMG G 63, Mercedes-AMG GT 53 4Matic+, dan model lainnya. Namun sudah tahukah Anda sejarah dan arti nama AMG?
     
    Nama AMG merupakan akronim huruf pertama yang diambil dari nama keluarga Aufrecht, Melcher, dan kota Großaspach. Awalnya ini adalah sebuah rumah modifikasi dengan nama AMG Motorenbau und Entwicklungsgesellschaft mbH (AMG Engine Production and Development, Ltd) yang didirikan Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher.
     
    Pusat AMG sebelumnya merupakan sebuah pabrik yang berada di kota tetangga Burgstall. Sayangnya nama AMG belum menemui ketenarannya hingga tahun 1971, terutama bagi para pecinta dunia balap di Jerman. 
     
    Rumah modifikasi ini akhirnya mulai diperhitungkan sejak balapan 24 Hours of Spa-Francorchamps tahun 1971. Hans Heyer dan Clemens Schickentanz membawa 300 SEL 6.8 sampai garis finish di posisi kedua dan berhasil mendapatkan kemenangan di kelasnya. Mobil ini menggendong mesin 6.300 cc dengan tenaga semula 247 daya kuda menjadi 428 daya kuda dan dijuluki "The Pig".

    Halaman Selanjutnya
      Selain itu di tahun…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id