Teknologi Otomotif

    Jurus Toyota Cegah Lansia Salah Injak Pedal saat Mengemudi

    Ekawan Raharja - 05 Februari 2020 16:59 WIB
    Jurus Toyota Cegah Lansia Salah Injak Pedal saat Mengemudi
    Accelerator Suppression Function bisa membantu lansia ketika melakukan kesalahan menginjak pedal gas saat mengemudi. Medcom.id
    Tokyo: Toyota melakukan pengembangn fitur keselamatan terbaru yang mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas saat mengemudi. Fitur ini dikembangkan setelah mengetahui masih banyak lansia yang mengemudi dan kemudian mengalami kecelakaan akibat salah menginjak pedal.

    Fitur terbaru ini diberi nama Accelerator Suppression Function memanfaatkan big data yang terkoneksi dengan mobil untuk membantu mengidentifikasi operasional yang tidak lazim dalam berakselerasi dan mengendalikannya. Nantinya fitur ini bisa mencegah apabila pengemudi panik dan melakukan kesalahan menginjak pedal gas di saat yang kurang tepat.

    Fitur ini diharapkan mencegah masyarakat lanjut usia mengalami kecelakaan karena salah menginjak pedal. Berdasarkan data pemerintah Jepang, 15 persen kecelakaan berat di jalan raya sepanjang 2018 disebabkan pengemudi dengan rataan usia 75 tahun ke atas. Dari latar belakang inilah Toyota menghadirkan teknologi tersebut.

    Jurus Toyota Cegah Lansia Salah Injak Pedal saat Mengemudi

    Teknologi terbaru ini kabarnya akan segera tertanam pada beberapa model terbaru Toyota, dimulai dari musim panas di Jepang. Bahkan melalui situs resmi Toyota, sistem ini sudah bisa dipasang di 12 mobil setelah dilakukan uji coba pada 31 Desember 2019.

    Fitur ini jelas akan melengkapi paket fitur keselamatan safety Sense yang dimiliki oleh raksasa otomotif asal Jepang itu. Safety Sense generasi pertama yang meluncur pada 2015 sudah mampu berfungsi melakukan pengereman darurat otomatis dan lane departure alert. Kemudian pada 2018, Toyota kembali menghadirkan fitur keamanan Safety Sense generasi kedua yang memungkinkan mobil mengenali pejalan kaki di malam hari dan pengendara sepeda.

    Harapannya, teknologi Accelerator Suppression Function ini nantinya bisa diterapkan di produk-produk konvensional maupun swakemudi untuk mendukung keselamatan berkendara. Khususnya bagi driver berusia lanjut yang masih aktif mengendarai mobil.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id