Test Drive

    All New Kia Seltos, Cocok Sebagai SUV Kaum Urban

    Ekawan Raharja - 03 Februari 2020 12:36 WIB
    All New Kia Seltos, Cocok Sebagai SUV Kaum Urban
    All New Kia Seltos. Audy
    Jakarta: Kia Indonesia baru saja meluncurkan All New Kia Seltos yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) compact. Semua fitur, kenyamanan, hingga performa yang ditawarkan oleh SUV satu ini dirasa lebih dari cukup untuk digunakan sebagai solusi mobilitas kaum urban Indonesia.

    Tim Medcom.id mendapatkan kesempatan singkat untuk merasakan secara langsung performa dan kenyamanan yang ditawarkan oleh SUV produksi India ini. Kali ini tester driver Medcom.id dengan tinggi 165 cm dan bobot 65 kilogram menjajal varian All New Seltos EX Plus dengan total empat orang penumpang.

    Kami mencoba mobil ini secara singkat di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Barat. Di daerah ini, tim tester driver melewati jalur yang beraneka ragam mulai dari conblock, aspal, hingga beton.

    Ketika pertama kali masuk ke dalam mobil, terasa nuansa modern dan mewah ditawarkan kepada konsumen. Balutan kulit berwarna hitam di interior, serta layar model floating memanjang dari dasbor area tengah hingga di depan pengemudi. SUV terbaru dari Kia ini menggunakan layar monitor LCD 8 inci dan layar indikator sebesar 7 inci di hadapan pengemudi.

    All New Kia Seltos, Cocok Sebagai SUV Kaum Urban

    Namun bagi tester driver, layar besar dan panjang ini sedikit mengganggu visibilitas karena adanya floating layar yang menonjol. Kemudian sebagian varian teratas, pengemudi belum mendapatkan electronic parking brake serta pengaturan jok yang masih manual sedikit mengurangi kesan modern ketika masuk ke dalamnya. 

    Kemudian mobil perlahan mulai dijalankan dengan pemanasan mengitari Mall PIK Avenue. Terasa mesin sangat halus dan transmisi juga bekerja dengan halus tanpa ada suara atau getaran.

    Lepas dari Mall, langsung saja tester driver Medcom.id tancap gas. Menjajal mesin Kappa 4-silinder 1.353 cc turbocharger bertenaga 140 PS @ 6.000 rpm dengan torsi 242 Nm @ 1.500-3.200 rpm dengan kombinasi transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Mode berkendara juga dipasang di posisi sport untuk memaksimalkan respon tenaga.

    Torsi besar dan mode sport yang ditawarkan ternyata sangat responsif. Tenaga langsung terisi dari putaran bawah hingga atas, bahkan perpindahan transmisi terasa sangat halus berkat DCT 7-speed yang ditawarkan. Tidak ada sendatan seperti transmisi otomatis konvensional ketika perpindahan transmisi dilakukan ke posisi yang lebih tinggi dan begitu juga sebaliknya.

    All New Kia Seltos, Cocok Sebagai SUV Kaum Urban

    Karakteristik yang ditawarkan tentu sangat cocok untuk berkendara di daerah perkotaan yang padat. Dimana mobil membutuhkan respon tenaga cepat untuk bergerak mengisi ruang-ruang kosong di jalanan.

    Melintasi beberapa ruas jalanan yang tidak rata juga tidak ada masalah. Para insinyur Kia tampaknya sudah memperhitungkan dengan baik kombinasi suspensi model Mac pherson Strut di depan dengan Coupled Torsion Beam Axle di belakang. 

    Secara setting-an suspensi memang terasa sedikit kaku, dan ini dimaklumi untuk mengimbangi performa mobil yang kuat. Namun mereka juga memberikan tambahan redaman dengan baik ukuran 215/60-17 yang secara tidak langsung membantu meredam guncangan minor selama perjalanan.

    Alangkah lebih menyenangkan lagi apabila mobil ini juga diberikan paddle shift di balik lingkar kemudi agar semakin fun to drive. Mungkin ide ini bisa disematkan kala pengembangan All New Seltos di masa mendatang.

    Kia menawarkan varian ES Plus yang digunakan oleh test driver Medcom.id dengan harga Rp355 juta (on the road DKI Jakarta). Tester driver Medcom.id menilai harga yang ditawarkan dengan semua hal yang didapatkan oleh penumpang All New Seltos cukup sebanding (value for money).

    Beberapa pemain di segmen Compact SUV seperti Honda HR-V dan Mazda CX-3 patut mengawasi kompetitor terbarunya ini. Tidak menutup kemungkinan, All New Seltos memberikan perlawanan yang cukup sengit di pasar otomotif nasional.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id