comscore

Jangan Melanggar Yellow Box Junction, Hukuman Penjara Menanti

Ekawan Raharja - 14 Januari 2022 10:00 WIB
Jangan Melanggar Yellow Box Junction, Hukuman Penjara Menanti
Yellow box junction di Surabaya. Dishub Surabaya
Jakarta: Di sejumlah perempatan lampu merah di jalan raya kerap ditemukan marka jalan berwarna kuning dengan bentuk persegi. Marka ini memiliki nama yellow box junction dan berfungsi membantu mengatur lalu lintas, khususnya di area perempatan.

Yellow box junction bertujuan mencegah penumpukan kendaraan di persimpangan yang diakibatkan pengguna jalan yang tidak mau mengalah, seperti dikutip dari situs Korlantas Porli. Sebab jika lalu lintas sedang padat, resiko kemacetan sangat tinggi. Apalagi jika arus kendaraan dari keempat arah saling mengunci di persimpangan.

Pengguna jalan wajib paham jika masih terdapat kendaraan dari jalur lain berada dalam Yellow Box Junction, kendaraan lain dilarang melintasi marka kotak kuning tersebut, meski jalurnya sudah mendapati lampu hijau. Sayangnya sejak mulai disosialisasikan beberapa tahun lalu hingga sekarang masih banyak pengguna jalan abai terhadap keberadaan marka ini.

Masih kerap ditemui pengguna jalan menerabas marka yellow box junction saat kondisi lalu lintas di jalur lain tersendat. Bisa dipastikan, kemacetan yang lebih parah akan timbul.

Maka dari itu, sebagai bentuk pengawasan, pihak kepolisian umum memasang kamera CCTV yang memantau langsung persimpangan dengan marka yellow box junction. Secara hukum, yellow box junction menjadi marka prioritas yang fungsinya paling diutamakan dibanding alat pemberi isyarat lalu lintas dan rambu lainnya.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id