Industri Otomotif

    Mercedes-Benz Masih Jadi Pilihan Kaum Borjuis Indonesia

    Ekawan Raharja - 17 Januari 2020 08:46 WIB
    Mercedes-Benz Masih Jadi Pilihan Kaum Borjuis Indonesia
    Mercedes-Benz masih pimpin merek kendaraan premium di Indonesia. Mercedes-Benz
    Bogor: Persaingan mobil premium di Indonesia memang cukup kompetitif dengan kehadiran sejumlah merek. Namun Mercedes-Benz patut berbangga diri karena mereka masih menjadi pilihan utama para kaum borjuis di tanah air.

    Deputy Director Sales Operation and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MDBI), Kariyanto Hardjosoemarto, mengakui di tahun ini ada perlambatan yang disebabkan oleh sejumlah faktor di sepanjang 2019. Meski demikian mereka mengklaim tetap menjadi merek mobil premium terlaris di Indonesia sepanjang 2019.

    “Penjualan tahun lalu penuh dengan tantangan. Berbagai faktor mempengaruhi pasar seperti pemilu dan kondisi ekonomi secara global, dan tidak terkecuali di pasar mobil mewah tanah air,” jelas Kariyanto Kamis (16/1/2020) di Pullman, Bogor, Jawa Barat.

    Hal ini dibuktikan bahwa sepanjang tahun lalu, mereka berhasil menjual 3.344 unit mobil baru. Namun ini perlu dicatat bahwa penjualan ini turun 13,4 persen dibandingkan penjualan 2018 yang mencapai 3.859 unit.

    "Secara total, kita jual 3.344 unit dengan semua model baru. Jika dilihat dari segmennya, sedan masih jadi backbone dengan kontribusi sebesar 61 persen dari total penjualan Mercedes-Benz," tutur Kariyanto.

    Lanjutnya yang menjadi kontributor terbesar adalah SUV dengan kontribusi sebesar 31 persen, hatchback mencapai 6 persen, dan van masih di 2 persen.

    "Jika berbicara tipe, untuk sedan masih C-Class terbanyak dengan kontribusi 29 persen, SUV GLC dengan 19 persen, dan A-Class pertumbuhan enam kali lipat dibanding tahun sebelumnya," tegasnya.

    Sementar itu, untuk tahun ini Mercedes-Benz sudah menyiapkan berbagai strategi dan cara untuk mempertahankan penjualan. Di mulai dengan menghadirkan mobil baru yang secara total bakal ada lebih 15 model baik facelift maupun total baru. Begitu juga dengan jaringan akan ditambah dua diler baru di Makassar dan Medan.

    Mercedes-Benz memang bisa saja mengklaim kepemimpinan mereka di pasar mobil premium, mengingat rivalnya BMW berada di bawahnya. Kalau berbicara per merek, BMW di 2019 ini hanya menjual 2.943 unit dan ini sudah termasuk ke didalamnya BMW Certified Used Car.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id