Zona Ring-1 Jakarta Masih Seksi untuk Penjualan Mobil

    Ahmad Garuda - 19 Januari 2019 14:12 WIB
    Zona Ring-1 Jakarta Masih Seksi untuk Penjualan Mobil
    Wilayah ring-1 Ibukota Jakarta, masih jadi zona seksi penjualan mobil di Indonesia. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Penjualan mobil di zona ring satu seperti mall atau jaringan khusus yang dibuka di kawasan bisnis di Ibukota Jakarta, masih jadi zona seksi bagi seluruh merek otomotif. Bukan hanya karena potensinya sangat besar, namun juga brand image di zona tersebut cukup ampuh untuk mengubah persepsi seseorang terhadap sebuah produk.

    Hal ini juga yang membuat Mitsubishi bersikeras untuk memainkan jaringan atau dealer dengan konsep 1-S (penjualan) saja. Seperti yang mereka lakukan hari ini, Sabtu (19/1/2019) di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat.

    "Jaringan dengan konsep 3-S (penjualan, servis dan ketersediaan komponen) memang jadi konsep yang utama untuk pembukaan jaringan kami. Namun di zona ring-1 seperti ini, rasanya tidak mungkin. Selain karena di wilayah ini tidak diperbolehkan membangun bengkel, juga karena ini jadi kurang efektif," ujar Head of Dealer Development Department, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Setia Hariadi di acara tersebut.

    Hal pertama yang ditegaskan oleh Setia Hariadi adalah soal peraturan pembangunan bengkel. Lalu hal kedua jika aturan tersebut misalnya dihilangkan adalah ketersediaan lokasi. Kalaupun lokasinya tersedia, menurut Setia, pasti harganya tidak akan masuk dalam sisi hitungan bisnis otomotif.

    Tentunya trik pabrikan berlogo tiga berlian itu di zona ring-1 Jakarta ini, lebih ke strategi retail store atau toko retail. Apalagi memang di kawasan bisnis Jakarta ini, bukan hanya akan menyasar para pekerja kantoran, namun juga pelanggan fleet.

    "Contoh paling gampangnya adalah segmen small MPV atau Low MPV, itu sebagian besar lebih menarik bagi para pekerja kantoran di kawasan ini. Sementara untuk sisi konsumen fleet juga bisa diakomodasi. Karena di wilayah ini juga banyak perusahaan-perusahaan yang butuh armada transportasi. Makanya semua varian dan tipe produk di bawah MMKSI, juga bisa didapatkan di sini," imbuh Director Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro di momentum yang sama.

    Satu-satunya tantangan besar adalah mengkomunikasikan kepada para konsumen tentang program servis dan ketersediaan komponen yang bisa mereka peroleh di bengkel terdekat dari jaringan tersebut. "Saya rasa ini bukan masalah besar. Karena ini bukan jaringan pertama kami bersama Nusantara Berlian Motor," pungkas Irwan.

    Uniknya, jaringan mereka ini dibangun langsung tak jauh dari lokasi jaringan milik Toyota. Tentang hal ini, Mitsubishi tak mau umbar omongan.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id