Lalu Lintas

    Jakarta Kembali ke PSBB Transisi, Berkendara Tetap Ada Aturannya

    Ekawan Raharja - 12 Oktober 2020 14:04 WIB
    Jakarta Kembali ke PSBB Transisi, Berkendara Tetap Ada Aturannya
    Selalu gunakan masker ketika berkendara, baik di kala menggunakan mobil atau sepeda motor. Auto2000.
    Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta kembali melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibukota dengan memasuki masa PSBB Transisi. Meski Pemprov memberikan keringanan, namun untuk aturan berkendara tetap diatur agar tidak menjadi cluster penyebaran virus korona di masyarakat.

    "Kami memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki PSBB Transisi mulai tanggal 12-25 Oktober 2020," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lewat keterangan tertulis.

    Lantas bagaimana sikap masyarakat ketika bermobilitas, khususnya ketika menggunakan kendaraan bermotor? Pemprov DKI Jakarta sudah mengeluarkan panduan tata cara berkendara yang berlaku selama PSBB transisi.

    Jakarta Kembali ke PSBB Transisi, Berkendara Tetap Ada Aturannya

    Bagi para pengguna mobil hanya diperbolehkan untuk mengisi setiap baris kendaraan maksimal dua orang, kecuali dalam mobil diisi oleh orang serumah maka kapasitasnya bisa mencapai 100 persen. Selama perjalanan pun penumpang diwajibkan memakai masker dan mobil sebaiknya disinfektasi usai digunakan.

    Begitu juga dengan para pengguna sepeda motor, diperbolehkan melintas di jalan-jalan dengan syarat wajib menggunakan masker. Selain itu, kuda besi dan perlengkapan berkendara wajib didesinfeksi setelah usai digunakan.

    Sedangkan untuk transportasi umum, aturan operasional dan pembatasan kapasitasnya berjalan sesuai dengan pengaturan Dinas Perhubungan dan Kementerian Perhubungan.

    Meski kini diberikan keleluasaan untuk sejumlah aktivitas, Anies meminta partisipasi masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. "Bagian masyarakat melakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Bagian kami 3T, testing, tracing, dan treatment," kata Anies.

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id