Sejarah Otomotif

    Sejarah Awal Sedan, Awalnya Ternyata Bukan Mobil

    Ekawan Raharja - 01 Desember 2020 16:00 WIB
    Sejarah Awal Sedan, Awalnya Ternyata Bukan Mobil
    New Toyota Crown. Toyota
    Jakarta: Ketika mendengar nama sedan langsung akan terbayang sebuah kendaraan bermotor dengan desain yang mewah. Padahal jika melihat ke sejarah, kata sedan ini ternyata tidak berkaitan dengan kendaraan bermotor yang kita ketahui sekarang ini.

    Kata sedan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu kala, tepatnya di tahun 1.600-an. Nama sedan ini berasal dari bahasa Latin dan Italia dengan menyerap kata sedes/sedere yang berarti duduk. Sedangkan dalam bahasa Italia, terdapat kata sede yang berarti kursi.

    Di masa itu, kata sedan berarti sebuah tempat duduk dalam sebuah kotak dengan atap tertutup. Tempat duduk ini kemudian diangkat oleh 2 orang, 1 di depan dan 1 di belakang, dan digunakan untuk bepergian (semacam tandu).

    Kata ini kemudian masuk ke Inggris pada tahun 1630-an dan masih merujuk kepada tandu. Namun lama-kelamaan terjadi perkembangan, orang yang mengangkut digantikan dengan mesin, meski kala itu nama sedan belum digunakan meski sudah berubah menjadi kendaraan bermotor.

    Di Amerika Serikat, nama sedan ini akhirnya dikenal melalui sebuah mobil Speedwell di tahun 1911 produksi Ohio. Saat itu mobil tersebut masih untuk 2 orang penumpang dengan 2 pintu.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id