Industri Otomotif

    Daihatsu Naikkan Harga Mobil, Efek Dolar Membubung?

    Ekawan Raharja - 07 April 2020 11:52 WIB
    Daihatsu Naikkan Harga Mobil, Efek Dolar Membubung?
    Kenaikan harga mobil Daihatsu kali ini lebih kepada penyesuaian tarif BBN. Lampost
    Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar kini berada di tingkatan Rp16.430 per dolar. Hal ini tentu menjadi bendera kuning bagi sejumlah merek otomotif untuk meninjau kembali harga jual mobilnya, karena bagaimanapun nilai tukar rupiah menjadi salah satu indikator menentukan harga jual mobil.
     
    Daihatsu mengakui bahwa mereka memang berencana untuk mengkerek harga jual mobil mereka April 2020 ini. Hanya saja untuk kali ini lebih untuk menyesuaikan tarif bea balik nama (BBN), bukan karena efek virus korona atau melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.
     
    "Kenaikan April ini untuk menyesuaikan BBN karena saat ini tabelnya sudah keluar. Januari kenaikan lebih sedikit dari seharusnya dibebankan ke konsumen, sekarang dapat harga pajak yang baru," ungkap Amelia Senin (6/4/2020) melalui virtual press conference.
     
    Ketika disinggung soal penentuan harga jual mobil terkait nilai jual rupiah yang kian melemah, Daihatsu tidak menampik bisa saja melakukan hal tersebut. Namun untuk sekarang ini belum diputuskan karena masih melihat situasi kondisi.
     
    "Kalau dolar masih di tingkat Rp16.000 ada kemungkinan harga naik. Tetapi sekarang masih terlalu cepat karena masih satu bulan. Kita akan lihat 2-3 bulan biasanya untuk menyesuaikan kondisi," sambungnya.
     

    Kisaran Harga Kenaikan Harga Mobil Daihatsu dengan BBN baru

    Tarif BBN baru yang sudah ditetapkan membuat sejumlah model merek asal Jepang ini mengalami kenaikan harga. Di mulai dari Xenia yang mengalami kenaikan sekitar 2,1 juta dari harga sebelumnya, kemudian Terios mengalami kenaikan sekitar Rp1,5 juta.
     
    Sedangkan untuk Sigra yang bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan alias LCGC tujuh penumpang, naik Rp 1 juta. Jumlah itu pun turut berlaku bagi Gran Max dan Luxio.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id