Industri Otomotif

    MINI Tunda Pengembangkan Model Baru Karena Brexit

    Ekawan Raharja - 02 Februari 2020 12:53 WIB
    MINI Tunda Pengembangkan Model Baru Karena Brexit
    MINI tunda pengembangan generasi keempat model mobilnya. MINI
    London: Aksi Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa (British Exit/Brexit) secara langsung memiliki efek terhadap industri otomotif Inggris. MINI sebagai salah satu merek asal Inggris memberikan respon sebelum aksi resmi Brexit per 31 Januari 2020 dengan menunda pengembangan model baru mereka.

    Sekarang ini model MINI modern sudah sampai di generasi ketiga, dan telah bertahan mencapai enam tahun sejak kali pertama dipasarkan pada 2014. Rencana awalnya, generasi selanjutnya diperkirakan akan hadir pada 2022 atau 2023 menggunakan platform produksi baru.

    Kini dengan resminya Brexit, BMW AG sebagai pemilik merek MINI akan menunda pengembangan model terbaru sampai batas waktu yang belum ditentukan. Langkah ini berkaitan dengan belum jelasnya kesepakatan perdagangan antara otoritas Inggris dengan Uni Eropa selepas momentum Brexit, yang resmi berlaku Februari ini.

    Efeknya, platform UKL1 yang digunakan oleh mobil mungil tersebut masih akan digunakan hingga beberapa tahun mendatang dan belum tahu kapan akan digantikan. "Masa penggunaan platform akan diperpanjang, karena faktor biaya produksi serta adanya Brexit," kata juru bicara BMW Group, Maximilan Schoeberl, kepada Reuters.

    Sebagian produksi model kendaraan keluaran MINI, termasuk lini elektrifikasinya, memang diproduksi di fasilitas produksi Oxford Inggris. Hanya saja sebagian besar suku cadang serta suplai komponen untuk perakitan mobil didatangkan dari negara-negara anggota Uni Eropa.

    BMW bisa saja memindahkan lokasi produksi MINI ke negara lain di Eropa apabila kesepakatan bisnis Inggris-EU itu tidak tercapai. Brexit tentu akan membuat tarif ekspor melonjak cukup tinggi bagi BMW, yang menargetkan penurunan ongkos produksi mobilnya.

    Inggris secara resmi meninggalkan Uni Eropa setelah 47 tahun menjadi anggota di blok tersebut, dan tiga tahun usai memutuskan Brexit melalui sebuah referendum. Brexit, atau Britain Exit, adalah istilah untuk keluarnya Inggris dari keanggotaan UE. Momen bersejarah ini, berlangsung pada Jumat 31 Januari pukul 23.00 GMT, ditandai dengan perayaan dan juga unjuk rasa anti-Brexit.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id